Miris, Ratusan Siswa SD di Lebak Ikuti UAS Duduk di Lantai

Sejumlah murid SD saat mengerjakan pelaksanaan Ujian Akhir Semester di luar ruang kelas. (Foto:TitikNOL)
Sejumlah murid SD saat mengerjakan pelaksanaan Ujian Akhir Semester di luar ruang kelas. (Foto:TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Tambak di Desa Tambak, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak mengikuti pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS), rela berdesak-desakan duduk di lantai diluar ruang kelas sekolah.

Sebab, tiga ruang kelas di SDN tersebut dalam kondisi memprihatinkan. Kondisi kayu penyangga atap genteng sudah lapuk dikhawatirkan ambruk. Selain itu, bila hujan turun lantai ruang kelas tergenang air akibat genteng sudah banyak yang bocor.

"Kami terpaksa memindahkan KBM di luar ruangan kelas, karena kondisi atap genteng sudah lapuk khawatir ambruk," ujar Abdul Rosid salah seorang guru di SDN 2 Tambak, Selasa (31/5/2016).

Menurut Abdul Rosid, kondisi ruang kelas yang rusak dan atap genteng sudah lapuk sangat mengganggu dalam proses kegiatan belajar dan mengajar (KBM) bagi ratusan siswa di sekolah tersebut.

"Kondisi ini jelas sangat mengganggu kenyamanan KBM, dimana saat ini ratusan siswa kami dari kelas 1 hingga kelas 5 sedang mengikuti UAS," imbuhnya.

Jelas ini tidak efektif. "Selain tidak berada di ruang kelas saat ulangan pun, mereka tidak dapat berkonsentrasi. soalnya, tidak dapat tercegah lagi saking berdesakan banyak yang sambil bercanda," ujarnya.

Kondisi tersebut lanjut Abdul Rosid sudah disampaikan kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lebak. Namun, sudah sejak satu tahun lalu dilaporkan kata Abdul Rosid belum ada tanda-tanda akan dilakukan perbaikan. (Gun/red)

Komentar