SDN Sadah Tidak Layak Anak Karena Berdekatan dengan Kandang Bebek dan Kerbau

Sejumlah siswa di SD Sadah, di Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, saat bermain di depan sekolahnya. (Dok: TitikNOL)
Sejumlah siswa di SD Sadah, di Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, saat bermain di depan sekolahnya. (Dok: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten, mendatangi Sekolah Dasar (SD) Negeri Sadah, di Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Selasa (5/12/2017).

Dalam kunjungannya, tim dari LPA melihat kondisi SD Sadah yang berlapis triplek yang sudah bolong-bolong.

”Berdasarkan hasil investigasi kami, kondisi baik fisik sarana prasarana di SD Sadah jauh dari kata layak anak-anak mendapatkan pendidikan, bagaimana proses belajarnya bisa nyaman?,” kata Ketua LPA Banten Uut Lutfi.

Uut pun menilai, dengan melihat kondisi lingkungan yang berdekatan dengan beberapa kandang ternak hewan, para siswa harus segera mendapatkan tempat yang layak.

”Termasuk di lilingkungan sekolah itu ada kandang bebek, kandang kerbau, ada saluran sanitasi yang itu tentu jauh dari mendapatkan akses kesehatan yang baik. Sehinga ini menimbulkan banyak problem persoalan perlu dicarikan solusi terbaik untuk anak-anak,” ungkapnya.

Baca juga: Devi Marsya Alami Shock Pasca Bertemu Bupati Serang

Tidak hanya itu, tidak adanya sarana prasarana untuk bermain anak tentu membuat suasan sekolah tersebut jauh dari kata nyaman.

”Di SD itu kami dari LPA kembali kepada hak anak mendapatkan pendidikan kesehatan dan juga berbagai macam akses bermain karena tidak hanya belajar mengajar tapi ada lingkungan bermain,” lanjutnya.

LPA juga mendorong Pemkab Serang untuk segera membangun tempat baru untuk para siswa siswi SD Sadah, agar mendapatkan tempat yang layak anak.

”Pemkab harus segera mencari jalan terbaik apakah memang dibangun di tempat saat ini ada atau di lokasi lain tapi tetap itu sekolah itu adalah milik SD sadah bukan menumpang di sekolah lain,” tegasnya. (Gat/red)

Komentar