Jelang Pilkades Serentak, Kapolres Gelar Rakor Eksternal Ops Aman Pilkades Kalimaya 2019

Suasana rapat koordinasi di aula Polres Serang, Rabu (30/10). (Foto: TitikNOL)Suasana rapat koordinasi di aula Polres Serang, Rabu (30/10). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Untuk persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa serentak di wilayah hukum Kabupaten Serag, Kapolres Serang, Wakapolres, para Kasat dan Kapolsek, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Serang, Danramil, serta Camat, menggelar rapat koordinasi di aula Polres Serang, Rabu (30/10). Selain Muspika juga diikuti sejumlah Kades yang akan melaksanakan pemilihan.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan, pelaksanaa Rakor Eksternal Ops Aman Pilkades Kalimaya 2019 di aula Polres Serang itu ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kepolisian mengelola situasi kamtibmas menjelang Pilkades saat sebelum dan sesudah Pilkades.

"Kelompok ormas yang ada di setiap kecamatan harus dirangkul untuk tidak melakukan hal-hal yang membuat situasi kamtibmas menjadi tidak aman," katanya.

Indra mengungkapkan, untuk logistik wilayah-wilayah terpencil, kepolisian akan segera berkoordinasi dengan panitia yang ada di wilayah Pulau Tunda dan segera koordinasi dengan Polairud untuk segera menyiapkan alat transportasi penyeberangan.

"Harapan kita saat Pilkades serentak nanti semoga tetap aman sampai saat rangkaian Pilkades serentak ini selesai, berjalan dengan aman dan tidak ada konflik," katanya.

Sementara, Kabag Ops Polres Serang Kompol Kosasih mengatakan untuk setiap personil yang terlibat pam Pilkades serentak telah diintruksikan untuk melakukan penjagaan dan pengamanan di setiap desa dengan prosedur yang sudah ditentukan. Jumlah anggota yang dilibatkan pengaman sebanyak 474 personil, ditambah Brimob dan Polda Banten sebanyak 200 personil.

"Mereka juga harus bisa melakukan deteksi dini dan penggalangan situasi untuk kondisi Kamtibmas yang kondusif. Serta melaksanakan patroli pada lokasi rawan terjadinya gangguan keamanan yang dapat berpengaruh terhadap pelaksanaan Pilkades," katanya.

Kosasih juga meminta anggota Pam melekat disalah satu calon dan tim sukses yang dinilai Rawan. Namun dirinya mengingatkan agar anggotanya untuk bersikap netral tidak mendukung salah satu calon.

"Yang kita harapkan untuk kondisi saat Pilkades serentak 2019 panitia pengawas maupung anggota kepolisian tetap netral," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Serang, Rudi Suhartanto, meminta Camat yang ada di wilayah Kabupaten Serang yang pertama untuk mengecek persiapan kotak suara, surat suara dan alat alat tulisnya.

"Kepada seluruh Camat untuk menunda pekerjaan yang lain dahulu karena mengingat sebentar lagi pelaksanaan Pilkades untuk segera diutamakan karena ini menentukan pemimpin di setiap desa wilayah kabupaten serang," katanya. (Har/Tn1)

Komentar