Safari Politik ke Tiga Partai, Prof Lili Tawarkan Konsep Membangun dari Desa

Profesor Lili Romli bersama tim pemenangannya saat mengembalikan formulir penjaringan ke Partai Gerindra. (Foto: TitikNOL)Profesor Lili Romli bersama tim pemenangannya saat mengembalikan formulir penjaringan ke Partai Gerindra. (Foto: TitikNOL)
SERANG, TitikNOL - Profesor Lili Romli, semakin menunjukan keseriusannya mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Serang. Lili semakin gencar melakukan penjajakan politik ke tiga partai besar di Wilayah Banten.

Pertama, pengamat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu bersama tim pemenangannya mengembalikan formulir penjaringan ke partai Gerindra. Kedua, mengambil formulir pendaftaran di partai Demokrat dan kemudian dilanjutkan ke partai PAN.

Dalam safari politiknya, pria asli Pontang tersebut menyampaikan gagasan politik serta konsep membangun Kabupaten Serang melalui pemberdayaan masyarakat Desa.

Menurutnya, ada tiga cara kebutuhan dasar yang perlu diperhatikan untuk menguatkan Desa dari sektor ekonomi. Di antaranya, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan pengetahuan kaum milineal dan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) disetiap Kecamatan.

"Untuk memajukan Serang perlu SDM unggul dengan cara membangun pondasi utama dari desa karena semua kegiatan berawal dari desa. Masyarakat desa perlu diperkuat dalam sektor ekonomi dan pengetahuan. Oleh karena itu saya akan bangun balai latihan kerja di Kecamatan untuk memberdayakan kualitas SDM sebagai wirausahawan," katanya saat ditemui di Graha Mahesa, Jumat (15/11/2019).

Ia menjelaskan, pemberdayaan ekonomi kreatif Desa harus digalakan untuk meminimalisir Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan pengangguran yang dinilai sangat tinggi.

Berdasarkan pengalaman sebagai Deputi Kementerian Desa, kata Lili, pembangunan dan peningkatan ekonomi begitu mudah jika seorang pimpinan Daerah memiliki gagasan yang visioner.

"Membangun desa sebagai pusat pembangunan ekonomi, sumber daya ekonomi nya sudah ada dengan dana Desa, hanya tinggal menggerakan masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan yang membudayakan ekonomi. Sebenarnya tinggal kemampuan pemimpinnya saja, dan saya akan lakukan itu," jelasnya.

Maka untuk mewujudkan gagasan tersebut, Lili menggandeng partai-partai politik yang memiliki komitmen dan tujuan yang sama dalam membangun Kabupaten Serang. Terlebih, dalam mensejahterakan rakyat tidak dapat dilakukan oleh sendiri.

"Visi misi yang saya utarakan tidak menjadi perhatian lebih dari pemerintahan sebelumnya. Untuk membangun Serang tidak bisa sendiri-sendiri, harus dilakukan bersama-sama termasuk dengan partai yang memiliki kader dan ideologi dalam membangun Kabupaten Serang," tukasnya. (Son/TN1)

Komentar