Sekda Kota Cilegon Buka Sosialisasi Assesment Center Polri

CILEGON, TitikNOL – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin membuka secara resmi Sosialisasi Penerima Negara Bukan Pajak (PNBP) Assesment Center Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Tahun 2024 dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Rabu 15 Mei 2024.

Kegiatan yang digelar di Aula Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon itu melibatkan sejumlah narasumber dari Kepolisian Daerah (Polda) Banten dan Kepolisian Resort (Polres) Cilegon.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada rombongan Polda Banten beserta Polres Cilegon yang akan memberikan materi perihal Assesment Center Polri,” kata Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin .

Dijelaskan Maman, Assesment Center merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penilaian kompetensi.

“Salah satu metode penilaian kompetensi adalah metode Assessment Center yaitu metode penilaian terpadu yang menggunakan beragam simulasi dan instrument tes prilaku serta dilakukan oleh asesor yang kompeten dan tersertifikasi,” jelasnya.

Menurut Maman, ada tiga jenis metode Assesment Center yang disesuaikan dengan target jabatan, yakni Assesment Center Sederhana digunakan untuk jabatan pelaksana, pengawas dan fungsional yang setara, lalu Assessment Center Sedang digunakan untuk jabatan administrator kecuali Sekda dan Assessment Center Komples digunakan untuk JPT Pratama Sekda, JPT Madya, JPT Utama.

“Kami berharap agar para peserta dapat mengikuti acara Sosialisasi ini dengan baik, agar pengetahuan yang akan diperolehnantinya dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dengan perangkat daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Mutjab RO SDM Polda Banten, Kompol Fikri Ardiansyah mengatakan, ada sejumlah mekanisme kerjasama terkait Assesment Center Polri.

”Mekanisme kerjasama yang dapat dilakukan terkait Assesment Center Polri dimulai dari Surat Permohonan Instansi/Lembaga, lalu sampai di Kapolri / Pusat yang di asistensi ke Kapoda / Wilayah, dilanjut menjadi Naskah Kerma Induk atau Naskah Kerma Teknis, lalu masuk ke Persiapan, lalu Pelaksanaan, dilanjut Sunlaporan, dan Penyampaian Hasil diakhiri dengan Feedback monitoring dan evaluasi,” katanya. (ADV/Ardi).

Komentar