4 Jenis Nyamuk Berbahaya di Dunia

Ilustrasi nyamuk Aedes Aegepty. (Dok: Wikipedia)Ilustrasi nyamuk Aedes Aegepty. (Dok: Wikipedia)

TitikNOL - Hewan yang diciptakan ada di sekitar manusia ini ada yang memiliki sifat jinak dan buas. Namun hal itu adalah hal yang alami terbentuk dalam diri hewan ini sendiri, Namun apa yang Anda pikirkan mengenai hewan nyamuk ini? Tentunya bisa dikatakan bahwa nyamuk ini adalah hewan buas yang tidak terlalu berbahaya karena memiliki ukuran yang kecil dan bisa dibunuh dengan mudah.

Namun ternyata diantara nyamuk yang hanya menghisap darah manusia ini, ada beberapa yang juga bisa menularkan penyakit yang berbahaya sehingga disebut sebagai nyamuk berbahaya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa nyamuk berbahaya di dunia.

1.Nyamuk Aedes Albopictus

Nyamuk pertama yang merupakan nyamuk berbahaya di dunia ini adalah nyamuk Aedes Albopictus, Nyamuk ini disebut sebagai nyamuk yang berbahaya karena bisa menularkan penyakit demam berdarah.

Seperti nyamuk Aedes Aegepty, namun nyamuk ini memiliki keganasan yang lebih rendah dari Aedes Aegepty Berbahaya karena bisa menularkan penyakit tersebut tanpa diketahui adanya keberadaannya dengan nyamuk yang lain.

Nyamuk ini adalah nyamuk yang memiliki garis tengah di punggungnya berwarna putih dan juga berbintik putih.

Hal yang merupakan bahaya dari nyamuk ini, ada banyak kita temui di kebun atau di halaman terlebih lagi dengan adanya barang yang menumpuk dan air yang tergenang.

2. Nyamuk Culex Fatiqans

Berbeda dengan nyamuk Aedes Albopictus yang merupakan nyamuk dengan kegemaran berada di kebun dan di halaman, namun nyamuk yang satu ini lebih suka berada di tempat yang memiliki air keruh dengan berbagai jenis zat organik di dalamnya.

Nyamuk yang bernama Culex Fatiqans ini adalah nyamuk yang gemar bermain dan hidup di got dan melakukan perkembangbiakannya disana.

Seperti yang kita ketahui bahwa di got ini ada banyak parasit yang tumbuh dan salah satunya adalah cacing Wucherefia Bancrofti penyebab penyakit kaki gajah yang bisa hidup di dalam tubuh nyamuk Culex ini dan akan menginfeksi manusia yang digigitnya.

Nyamuk ini suka menggigit manusia pada malam hari dan juga memilik warna yang memudahkannya untuk berkamuflase seperti hitam dan coklat.

3. Nyamuk Anopheles

Penyakit malaria yang berbahaya dan banyak menimbulkan kematian adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium, Ternyata parasit ini adalah parasit yang dibawa dan diinfeksikan kepada manusia melalu gigitan nyamuk yaitu nyamuk Anopheles.

Nyamuk ini gemar menyerang manusia pada saat malam hari dan banyak berada di semua tempat di dunia ini. Nyamuk ini memiliki banyak spesies yang bisa hidup di daratan rendah, daratan tinggi, dan juga di laut sehingga banyak di penjuru dunia yang terkena penyakit yang menyerang sel darah ini.

Karena hal inilah yang membuat nyamuk bewarna hitam, coklat dan berbintik ini bisa sangat berbahaya.

4. Aedes Aegepty

Mungkin diantara semua nyamuk yang ada di Indonesia ini, nyamuk ini adalah nyamuk yang paling berbahaya.

Mengapa demikian? Karena selain bisa menimbulkan penyakit demam berdarah yang mematikan, nyamuk ini juga sangat cepat dalam perkembangannya dan juga merupakan nyamuk yang ganas.

Keganasannya ini bisa membuat nyamuk ini akan bisa menginfeksi beberapa orang dalam radius sekitar 50-100 meter, sehingga jika seseorang dalam sebuah wilayah ini terkena gigitan nyamuk berbintik putih ini, maka harus dilakukan pengasapan untuk membasmi nyamuk beserta telurnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.segiempat.com

Komentar