Aplikasi Flash Facebook Siap Saingi Snapchat

Ilustrasi aplikasi Flash. (Dok: Foriset)Ilustrasi aplikasi Flash. (Dok: Foriset)

TitikNOL - Tak hanya dikenal sebagai raksasa media sosial saja, Facebook juga dikenal sering meniru fitur yang dimiliki sosial media lain. Bahkan beberapa produk yang saat ini menjadi miliknya, seperti WhatsApp, Messenger, dan Instagram yang kini dijejali dengan fitur mirip media sosial lain. Kini raksasa tersebut baru saja meluncurkan aplikasi mandiri yang bernama Flash dan itu ditujukan untuk bersaing dengan Snapchat.

Flash sendiri merupakan aplikasi untuk berbagi foto maupun video yang konsepnya sama persis dengan Snapchat. Aplikasi ini mengandalkan filter-filter menarik yang sangat mirip dengan Snapchat. Bedanya, Flash dirancang untuk smartphone dengan koneksi internet yang kurang cepat, karena aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar juga.

Aplikasi ini ditujukan bagi mereka yang berada di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, India, dan lain-lain, dimana koneksi di negara berkembang terkenal kurang stabil dan koneksi WiFi juga masih terbatas. Langkah Facebook dalam menyasar negara berkembang terkait sudah banyaknya pengguna Snapchat di negara maju seperti AS, Kanada, dan lain-lain.

Tampaknya Facebook belum bisa move-on dari Snapchat, dimana perusahaan sempat gagal mengakuisisi Snapchat senilai 3 miliar dollar empat tahun silam. Selain itu, Facebook juga menjiplak fitur Stories yang mereka terapkan pada Instagram dan kabarnya juga bakal segera dimuat di WhatsApp.

Aplikasi ini sudah mulai tersedia di Google Play Store untuk negara Brasil dan tapaknya Facebook tengah mempersiapkan peluncuran Flash ke sejumlah negara lain. Kendati demikian, belum tahu kapan dan negara mana yang bakal mendapatkan aplikasi Flash ini.

Sumber: www.beritateknologi.com

Komentar