Google Hapus Tunggakan Utang Sebesar Rp1,4 Miliar Milik Bocah 12 Tahun

Ilustrasi. (Dok: rappler)Ilustrasi. (Dok: rappler)

TitikNOL - Bocah berumur 12 tahun asal Spanyol, Jose Javier, menunggak utang sebesar US$112 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar kepada Google. Tunggakan utang itu lantaran Jose berniat mempopulerkan grup musiknya melalui layanan iklan berbayar milik Google.

Tetapi, cara yang digunakan Jose tak tepat. Alih-alih grup musiknya menjadi terkenal, Jose malah menunggak biaya iklan hingga 100 ribu euro. Tingginya biaya iklan ini karena Jose salah memahami metode iklan di Google.

Di bulan Agustus lalu, Jose yang tinggal di pesisir tenggara kota Torrevieja membuat layanan iklan Google, AdWords. Jose mengira dia akan mendapatkan uang jika orang-orang mengklik tautan yang mengarahkan ke website buatannya.

Nyatanya, justru sebaliknya. Jose malah dikenai biaya iklan ketika para pengguna internet mengklik tautannya.

Google tak menagih biaya tersebut karena mengetahui kesalahan mengalokasikan iklan. Google menyebut seorang bocah 12 tahun tak akan mungkin menghabiskan sebanyak itu saat memulai iklan website.

"Itu semua kesalahan dan dia melakukannya tanpa berpikir," kata seorang juru bicara Google kepada The Guardian, Kamis, 7 Oktober 2016 lalu.

Ibu Jose, Inma Quesada, kepada koran El Pais, mengatakan, awalnya sang putra berniat menggunakan uang itu untuk membeli alat-alat musik untuk grup band miliknya, Los Salerosos. Di band tersebut, Jose menjadi pemain terompet.

Belakangan, Inma terkejut lantaran mendapatkan panggilan dari bank mengenai biaya tunggakan yang melonjak.

Sumber: www.dream.co.id

TAG google
Komentar