Mengulik Manfaat Sehat Serbuk Kayu Bagi Makanan

Ilustrasi serbuk kayu. (Dok: Rumahagro)
Ilustrasi serbuk kayu. (Dok: Rumahagro)

TitikNOL - Pada hakikatnya, makanan sehat terbuat dari bahan-bahan yang telah dinyatakan keamanan dan higienitasnya. Tapi, di era saat kuliner semakin lekat dengan gaya hidup masyarakat, menu baru yang disajikan di restoran kerap kali punya bahan aneh yang dianggap eksotis. 

Salah satunya adalah arang yang banyak digunakan di berbagai jenis makanan, dari burger hingga es krim.

Kini, selain arang, bahan 'nyeleneh' yang juga dipakai membuat makanan adalah serbuk kayu. Melansir laman Independent, serbuk kayu yang seringkali dibuang dan dianggap kotor, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Wall Street Journal menyatakan, serbuk kayu sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat kesehatan dari serbuk kayu adalah menurunkan kolesterol, selain bisa memperbaiki tekstur makanan.

Hal ini dungkapkan peneliti di VTT Technical Research Center of Finlandia. Mereka menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan bahwa polimer atau komponen kayu yang diturunkan seperti xylan, fibrillated selulosa, dan lignin bisa memperbaiki tekstur makanan dan bahkan bisa membantu menurunkan kolesterol.

"Industri makanan terus mencari yang baru, bahan-bahan alami yang dapat meningkatkan kualitas produk makanan dan dipromosikan untuk kesehatan konsumen," kata peneliti studi ini, dilansir dari Daily Meal.

"Studi yang dilakukan oleh VTT menunjukkan bahwa xylan, fibrillated selulosa dan lignin memiliki sifat yang membuat mereka menonjol dari bahan-bahan tradisional yang digunakan sebelumnya,” tambahnya.

Mengutip Munchies, laporan ini menunjukkan bahwa serbuk kayu bisa bermanfaat bagi banyak makanan, terutama membuat tekstur makanan lebih lembut. VTT menyorot yoghurt sebagai salah satu makanan yang benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari penambahan produk kayu xylan, membantu menciptakan yoghurt lebih halus.

Di sisi lain, selulosa fibrillated, dapat berguna sebagai pengental pada prosuk susu fermentasi, seperti yoghurt dan es krim. Tes lainnya menunjukkan bahwa menggabungkan selulosa fibrillated pada makanan, dapat berpotensi membantu penurunan kolesterol. Selain itu, lignin terbukti menjadi emulsier efektif dalam mayones, dan membantu membuat daging lebih empuk. 

Kendarti demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan manfaat serbuk kayu bagi makanan.Description: https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.cnnindonesia.com

Komentar