Saingi Toyota C-HR, Nissan Luncurkan Juke Terbaru di 2018

Nissan Gripz. (Dok: yubacitynissan)
Nissan Gripz. (Dok: yubacitynissan)

TitikNOL - Nissan Juke segera diperbaharui. Sayangnya bukan tahun ini, tapi paling cepat Agustus 2018. Basis desainnya, mobil konsep Nissan Gripz yang ditampilkan pada gelaran Frankfurt Auto Show 2015.

Rumors ini masuk akal lantaran Juke sudah mulai memasuki masa peralihan. Mobil ini diperkenalkan pada 2010 lalu, dan kalau sesuai kebiasaan, delapan tahun masa edar satu generasi mobil. Dan yang lebih penting, pasar crossover di Jepang dikuasai Toyota C-HR. Nissan perlu senjata baru untuk mengatasi hal ini. Toyota C-HR laku 10 ribu unit setiap bulan, Juke hanya sedikit melebihi 1.000 unit. Namun pihak Nissan tidak memberikan komentar apapun soal pelopor kelas crossover ini.

Seperti dikutip dari situs Bestcarweb, dari sisi teknis, selain e-POWER, Juke baru kemungkinan dipersenjatai mesin dengan kapasitas yang tidak jauh berbeda dari yang ada sekarang. Di Jepang, mobil ini dipasarkan dalam pilihan mesin 1,5 liter dan 1,6 liter turbo.

Nissan Gripz yang jadi basis pengembangannya memang disiapkan Nissan untuk menggambarkan konsep kendaraan crossover yang radikal. Kata ‘radikal’ itu bisa Anda temukan di desain Juke, yang tidak biasa.

Jika Anda lihat gambar utama, desain Gripz Concept lebih diperhalus, kesan radikal itu tetap ada. Grille depan seolah berlapis, dengan lampu utama terpasang di area bemper. Di atasnya, lampu berdesain bumerang ala Nissan Z. Kemungkinan ini lampu sein dan DRL yang sudah dibekali teknologi LED.

Perawakannya tetap tinggi dengan atap melandai layaknya sebuah coupe. Namun kami sangsi apakah pelek besar bakal menjadi fitur standar. Selain itu, fender besar dan menggelembung seperti Juke lama dihilangkan, berganti lapisan over fender layaknya sebuah crossover. Bagian interiornya masih tanda tanya karena hanya gambar ini saja yang ada.

Kalau memang ini desain yang hendak dipakai, bentuk Juke menjadi lebih mainstream. Jujur saja, kami malah merasa kehilangan Juke yang unik itu.

Berita ini telah tayang di oto.com, Selasa 19 September 2017 dengan judul Tantang Toyota C-HR, Nissan Juke Terbaru Meluncur 2018!

Komentar