BalaSingandaru, Roh Perserang yang Semakin Eksis Meski Minim Dukungan

Para suporter Perserang mania, Bala Singadaru (Balsing). (Dok:TitikNOL)
Para suporter Perserang mania, Bala Singadaru (Balsing). (Dok:TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Dalam dunia sepakbola, suporter adalah motivasi. Karena dari teriakan dan yel-yel yang mereka lontarkan, tim yang didukung akan semakin bersemangat saat menjalani pertandingan.

Seperti halnya Bala Singandaru atau biasa disebut Balsing. Resmi berdiri pada 5 Agustus 2004, Balsing kini memiliki ribuan anggota, yang setiap saat memberikan dukungan kepada tim kesayangannya yakni Perserang, saat menjalani laga baik kandang maupun tandang.

Nuansa  warna biru langit dengan gambar muka macan adalah ciri khas dari Balsing. Balsing pun kini menjadi salah satu organisasi suporter bola yang layak diperhitungkan dengan suporter bola lain yang ada di Indonesia.

Namun sayang, kendati sudah terorganisir dengan baik, Balsing masih minim dukungan dari pemerintah Kabupaten Serang, selaku pihak yang menaungi Perserang. Dalam setiap laga yang digelar oleh Perserang, Balsing masih menggunakan modal patungan antar anggotanya tanpa mendapatkan perhatian.

"Kami berharap kepada Pemkab Serang untuk terus mendukung dan mensuport lebih kepada Balsing. Karena kami juga memiliki pengaruh dalam setiap kemenangan yang diperolah oleh Perserang," ujar Arfian atau Cuming, selaku Humas Balsing kepada TitikNOL, Senin (9/5/2016).

Namun bukan Balsing  namanya jika mati kutu kendati minimnya dukungan pemerintah. Cuming memastikan, kecintaan seluruh anggota Balsing kepada Perserang, membuat Balsing selalu menjadi terdepan dalam setiap laga Perserang.

"Alhamdulillah kami lebih dari 12 tahun mendukung Balsing. Kami masih tetap setia mendukung tim kesayangan kami yakni Perserang Serang," lanjut Cuming.

Saat ini lanjut Cuming, untuk memenuhi operasional dan kebutuhan Balsing, terutama saat mengawal Perserang menjalani laga, seluruh anggota Balsing masih melakukan patungan. Namun demikian, Cuming tetap berharap, Pemkab Serang akan memperhatikan Balsing.

"Kami berharap kembali supaya Pemda memperhatikan kita yang selama ini hidup mandiri tanpa ada bantuan keuangan dari pemerintah khususnya Pemkab. Kami juga berharap kepada ibu Tatu Chasanah memperhatikan kita, yah setidaknya kasih Sponsor agar tambah keuangan untuk kita," tukasnya.

Seperti diketahui, Bala Singandaru dilahirkan pada tanggal 5 Agustus 2004 dan diketuai oleh Lilis Karyawati. Saat ini Balsing masih tetap konsisten mendukung Perserang di bawah kepemimpinan Daeng Djago. (Her/red)

Komentar