GP Jerez, Lemans dan Mugelo dalam Bahaya

Ilustrasi MotoGP. (Dok: Kompas)
Ilustrasi MotoGP. (Dok: Kompas)

TitikNOL - Kelas Moto3 dan Moto2 sangat beruntung karena telah membuka musim 2020 dengan sukses di Qatar pada 8 Maret yang lalu.

Namun kesenangan mereka tak berlangsung lama, karena bersamaan dengan MotoGP, seri Thailand, Amerika dan Argentina ditunda dan dijadwal ulang ke akhir musim.

Sementara kelas MotoGP sejauh ini belum bisa menggelar balapan pembuka, karena kelas utama Qatar telah dibatalkan.

Masalah utamaya sudah jelas tekait wabah menakutkan Coronavirus, yang menjalar dengan cepat di hampir semua di negara di dunia.

Tak hanya MotoGP, ada banyak kejuaraan olahraga dunia lainnya yang sangat terganggu karena COVID-19 ini.

Setelah Argentina yang terakhir juga menunda balapan ke akhir musim, harapan kemudian berpaling ke Spanyol dengan sirkuit Jerez sebagai seri pembuka kelas atas.

Namun sayangnya, berdasarkan informasi salah satu orang dalam MotoGP, Herve Poncharal yang mengepalai IRTA, ia sangat yakin mengatakan bahwa tak mungkin menggelar balapan di Jerez, dan dua seri setelahnya, Le Mans dan Mugello.

Artinya, pembuka musim akan semakin mundur, mundur dan mundur lagi hingga tiga seri lamanya, atau bahkan bisa lebih parah lagi.

Lalu kapan MotoGP 2020 benar-benar akan dimulai jika tiga seri yang akan tiba terancam batal atau ditunda?

“Siapa pun yang berpikir bahwa musim (MotoGP 2020) dapat dimulai pada 3 Mei di Jerez itu adalah delusi,” tegas Poncharal, yang menjabat presiden IRTA, sebagaimana dilansir Tuttomotoriweb.

“Ini hanya pendapat pribadi saya. Saya punya kecurigaan yang kuat kalau semua Grand Prix yang akan berlangsung sepanjang Mei, yaitu Jerez, Le Mans dan Mugello, akan berada dalam bahaya serius. Beruntung kalau kita akhirnya bisa membuka musim di Gran Prix Catalunya pada 7 Juni nanti,” sambung pria Prancis itu.

Negara-negara di Eropa saat ini memang sedang dalam ancaman serius Coronavirus, jika kondisi tak kunjung membaik, bisa saja semua balapan Eropa yang ada 12 seri tahun ini akan benar-benar kacau.

Karena jika Spanyol, Prancis dan Italia tak bisa menggelar balapan, resiko yang sama juga menanti di Catalunya, Belanda, Jerman, Finlandia, Ceko, Austria Inggris, San Marino dan Aragon.

Berita ini telah tayang di rungansport.com, dengan judul: Informasi Orang Dalam: GP Jerez, Le Mans, Mugello dalam Bahaya

Komentar