Podolski Tutup Perpisahan dengan Mencetak Gol ke Gawang Inggris

Lucas Podolski saat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inggris. (Dok: metro)
Lucas Podolski saat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inggris. (Dok: metro)

TitikNOL - Laga persahabatan lawan Inggris di Westfalenstadion, Dortmund, menjadi laga perpisahan Lukas Podolski bersama timnas Jerman. Dan untuk kali pertama Podolski menyemat ban kapten.

Pesta perpisahan striker berusia 31 tahun ini berakhir sempurna lewat gol yang ia cetak pada menit 69. Berawal dari bola yang disodorkan Andre Schurrle, Podolski melepaskan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya yang merobek gawang pojok kiri milik Joe Hart.

Gol tunggal Podolski memenangkan Jerman atas Inggris. Enam menit sebelum bubaran, Westfalenstadion mengumandangkan lagu Gladiator bertajuk ‘Now We Are Free’ sebagai tribut untuk Podolski ketika sang kapten keluar lapangan digantiukan Sebastian Rudy.

Tangisan para suporter dari tribun penonton pecah menyaksikan langkah Podolski keluar dari lapangan untuk kali terakhir bagi Die Nationalmannschaft. Banner ucapan terima kasih dan selamat tinggal pun mewarnai Westfalenstadion.

Partai persahabatan versus Inggris ini merupakan laga ke-130 Podolski bersama Jerman. Ia memutuskan untuk pensiun dari timnas sejak 15 Agustus 2016 dan terhitung efektif pada hari ini. Podolski mundur karena ingin fokus pada keluarganya.

Debut Podolski bersama timnas terjadi di bawah asuhan pelatih Rudi Voller pada 6 Juni 2014 di usia 19 tahun. Ia turun sebagai pemain pengganti lawan Hungary. Ia menjadi pemain Divisi Kedua pertama yang menembus timnas ejak 1975.

Pada Euro 2004, Podolski menjadi pemain termuda yang pernah diturunkan Jerman. Ia turun pada laga lawan Rep. Ceko sebagai pengganti Torsten Frings di babak kedua. Satu trofi Piala Dunia ia rebut bersama Jerman pada 2014.

Sumber: www.cekskor.com

Komentar