Harga Daging Tinggi, Disperindagpas dan Bulog Gelar Operasi Pasar di Lebak

Kabid Perdagangan Disperindag Lebak, Orok Sukmana bersama tim pengawas saat melakukan operasi. (Dok: Inilahbanten)
Kabid Perdagangan Disperindag Lebak, Orok Sukmana bersama tim pengawas saat melakukan operasi. (Dok: Inilahbanten)

LEBAK, TitikNOL - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Lebak, mengaku kesulitan mengintervensi harga daging sapi lokal di Kabupaten Lebak, yang harganya masih tinggi. Saat ini saja, harga per satu kilogramnya mencapai Rp120 ribu.

Dijelaskan Orok Sukmana, Kabid Perdagangan pada kantor Disperindagpas Lebak, hingga saat ini subsidi yang dijanjikan pemerintah pusat kepada petani peternak sapi lokal masih belum ada. Sehingga, harga daging sapi lokal di pasaran masih tetap tinggi dan sulit diintervensi.

Kendati demikian, lanjut Orok, pihaknya akan terus melakukan dan menggelar operasi pasar daging murah, bekerjasama dengan Badan urusan logistik (Bulog) setempat, selaku pelaksana di beberapa wilayah pasar.

"Subsidi yang dijanjikan pemerintah pusat untuk petani peternak sapi kan sampai sekarang belum ada. Jadi kita juga tidak bisa mengintervensi untuk menekan harga daging sapi lokal itu. Yang kita bisa lakukan adalah dengan tetap menggelar dan melakukan operasi pasar daging murah dengan pihak Bulog," ujar Orok kepada TitikNOL, Kamis (16/6/2016).

Baca juga: Sejak Awal Puasa, Harga Daging Sapi di Pasar Rangkasbitung Masih Tinggi

Selain itu kata Orok, kebutuhan konsumsi daging sapi bagi masyarakat di Kabupaten Lebak saat ini masih terbilang kurang.

"Jadi tidak terlalu berpengaruh, entah kalau pada saat menjelang hari H lebaran. Mungkin kebutuhan daging akan meningkat," imbuhnya.

Orok melanjutkan, pekan depan akan menggelar operasi pasar daging murah di beberapa wilayah pasar tradisional yakni di Pasar Malingping, Wanasalam dan Bayah.

"Bulog sudah siap. Kita akan gelar operasi pasar daging murah di pasar Malingping, Wanasalam dan Bayah," terang Orok.

Sementara itu, Kepala Sub Divisi Regional (Kasubdivre) Renato Horison menyampaikan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Lebak untuk menggelar operasi pasar daging murah di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Lebak.

"Kemarin ada rencana di enam kecamatan. Yang sudah kita lakukan di Lebak. Tepatnya di Pasar Ramadan yang di Balong Ranca Lentah itu. Dalam waktu dekat ini kita akan gelar di kecamatan Malingping," pungkasnya. (Gun/rif)

Komentar