Hari Ini, 145.092 Siswa SLTA Ikut UN

Foto ilustrasi siswa saat lakukan Ujian Nasional. (Dok:net)Foto ilustrasi siswa saat lakukan Ujian Nasional. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL  – Sebanyak 145.092 siswa pada jenjang pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat mengikuti Ujian Nasional (UN), baik berbasis kertas maupun komputer pada hari Senin (4/4/2016).

Adapun mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang pendidikan SMA/MA adalah Bahasa Indonesia dan Kimia. Lalu, jenjang pendidikan MA Program Keagamaan adalah Bahasa Indonesia dan Hadist. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan pada jenjang pendidikan SMK/MAK adalah Bahasa Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Banten E Kosasih Samanhudi, tim panitia lokal UN Banten sudah melakukan distribusi soal ke masing-masing lokasi penyimpanan soal UN yang sudah ditentukan.

“Dalam proses distribusi soal UN berjalan lancar, karena panitia mendapatkan pengawalan dari pihak Kepolisian,” kata Engkos kepada, kepada wartawa, Senin (4/4/2016).

Tapi, Engkos menjelaskan, soal yang sudah diedarkan tidak berlaku untuk UN Berbasis Komputer (UNBK). Soalnya, menggunakan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. “Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan,” ungkapnya.

Penyelenggaraan UNBK saat ini, lanjutnya, menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. “Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah), ke server pusat secara online (upload),” tegasnya. (Dede/red)

Komentar