Jelang Lebaran, BI Banten Siapkan Uang Baru Rp55 Miliar

Ilustrasi BI. (Dok: Biem)Ilustrasi BI. (Dok: Biem)

SERANG, TitikNOL - Menjelang Lebaran tahun ini, Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten kembali menyiapkan uang pecahan baru untuk keperluan masyarakat. Nominalnya, sebanyak Rp55 Miliar.

"Jumlah maupun pecahan uang yang dibutuhkan masyarakat untuk lebaran tahun ini akan dioptimalkan pendistribusiannya. Kita pun telah menyiapkan total Rp55 Miliar," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Budiharto Setyawan, Rabu (15/6/2016). 

Ia menjelaskan, untuk pelayanan penukaran uang kepada masyarakat dilakukan dari tanggal 20-23 Juni 2016, di Alun-alun Barat Kota Serang, mulai pukul 09.00- 12.00 WIB.

Namun, ia menjelaskan, tidak semua orang bisa leluasa menukarkan uang. Pelayanan penukaran kepada masyarakat dibatasi yakni paling maksimal Rp3,7 juta per orang, dengan menyiapkan pecahan uang baru nominal Rp20 ribu, Rp10 ribu, lima ribu rupiah dan pecahan dua ribu rupiah.

Selain di Bank Indonesia, masyarakat juga bisa menukarkan uang baru di Bank BJB, BNI, BRI, Mandiri dan Bank Muamalat.

Dengan adanya layanan penukaran uang oleh kas titipan Bank Indonesia, Budi menghimbau agar masyarakat tidak melakukan penukaran uang melalui calo maupun perantara lainnya.

“Ada resikonya, seperti jaminan ketepatan jumlah uang yang ditukar, kemungkinan menerima uang palsu dan adanya pungutan biaya,” tukasnya. (Meghat/rif)

Komentar