Keberadaan Pelabuhan Warnasari Diharapkan Pengusaha Pelayaran di Banten

Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus DPC INSA Banten di Hotel The Royale Krakatau Cilegon
Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus DPC INSA Banten di Hotel The Royale Krakatau Cilegon

CILEGON, TitikNOL - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Indonesian National Shipowners Association (INSA) Provinsi Banten, terus mendorong agar Pelabuhan Warnasari yang bakal dibangun Pemerintah Kota Cilegon segera terwujud.

Ketua INSA Banten, Agus Sutanto mengatakan, Pelabuhan Warnasari sangat dibutuhkan mengingat tiga pelabuhan yang ada saat ini dianggap masih kurang untuk menampung kapal yang masuk, sehingga masih sering terjadi antrean untuk sandar.

"Pelabuhan Warnasari ini sangat dibutuhkan, karena pelabuhan Cigading, Ciwandan dan Indah Kiat Merak dirasa masih kurang. Tiga pelabuhan itu sering terjadi antrian. Kayak bulan lalu saja kita kebingungan nyari tempat karena Ciwandan penuh, Cigading penuh dan Indah Kiat Merak juga penuh. Jadi sangat dibutuhkan sekali Warnasari ke depannya," kata Agus Sutanto usai dilantik menjadi Ketua DPC INSA Banten periode 2018-2022 di Hotel The Royale Krakatau, Rabu (16/1/2019).

Agus mengungkapkan, jumlah kapal yang masuk di Banten per bulannya mencapai 700 kapal.

"Jadi per bulan kita ada 700 kapal, itu terbagi dengan TUKS (terminal untuk kepentingan sendiri), TUKS ada sekirat 43 an," jelasnya.

Jumlah kapal yang masuk tidak sebanding dengan jumlah pelabuhan umum yang ada di Banten saat ini. Maka dengan itu, DPC INSA Banten selalu mendorong dan pengawal Pelabuhan Warnasari agar segera terwujud.

"DPC INSA Banten selalu mendorong , pengawal supaya pelabuhan Warnasari segera terwujud. Karena ini dari tahun 2017, sudah 2 tahun groundbreaking tapi pelabuhannya belum bisa kita lihat terus ini," ungkap Agus. (Ardi/TN1) .

Komentar