Tak Lama Lagi, Kode Kendaraan di Tangerang Berubah dari B ke A

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Banten, AKBP Komarudin saat dimintai keterangan oleh wartawan. (Foto:TitikNOL)Kasubdit Regident Ditlantas Polda Banten, AKBP Komarudin saat dimintai keterangan oleh wartawan. (Foto:TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Kode nomor pelat kendaraan di 19 kecamatan di Kabupaten Tangerang tak lama lagi berganti dari kode B menjadi A. Hal itu menyusul peralihan wilayah hukum dari Polda Metro Jaya ke Polda Banten. Saat ini, Polda Banten masih menunggu proses migrasi data server.

"Prosesnya sedang berjalan, masih menunggu migrasi ke server kita. Termasuk revisi Keputusan Kapolda Banten tentang sistem penomoran," kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Banten AKBP Komarudin, Jumat (15/4/2016).

Pihaknya mengaku sudah menempatkan 30 personel di samsat setempat, untuk melayani perubahan kode nomor kendaraan tersebut.

"Prepare juga untuk mempelajari beban kerja di sana," kata Komarudin.

Ia menjelaskan, perubahan kode pelat kendaraan ini tak serta merta seluruh kendaraan langsung berganti serentak.

"Jadi bukan berarti semuanya langsung ganti serentak. Kalau masa berlaku pelat nomor kendaraan belum habis ya tidak perlu diganti, nanti menunggu sampai habis STNKnya," katanya.

Ia mengatakan, data sementara ini ada sekitar 1.500.000 kendaraan yang akan berganti kode pelat kendaraan.

"Dan itu potensi pajaknya memang cukup besar di sana. Rata-rata per harinya sampai Rp500 juta," ungkapnya.

Diketahui, wilayah Polresta Tangerang yang kini resmi masuk dalam wilayah Polda Banten antara lain Polsek Balaraja (meliputi Kecamatan Balaraja dan Kecamatan Sukamulya), Polsek Cikupa, Polsek Tiga Raksa (meliputi Kecamatan Tiga Raksa dan Kecamatan Jambe).

Polsek Cisoka (meliputi Kecamatan Cisoka, Kecamatan Solear, dan Kecamatan Jayanti), Polsek Rajeg, Polsek Kresek (meliputi Kecamatan Kresek dan Kecamatan Gunung Kaler), Polsek Kronjo (meliputi Kecamatan Kronjo dan Kecamatan Mekar Baru), Polsek Pasar Kemis (meliputi Kecamatan Pasar Kemis dan Kecamatan Sindang Jaya), dan Polsek Panongan. (Kuk/red)

Komentar