15 Awak Kapal MT Aisyah 08 Dirawat di Mako Lanal Banten

Seorang awak kapal MT Aisyah 08 terduduk lemas sambil menjalani perawatan di Mako Lanal Banten. (Foto: TitikNOL))
Seorang awak kapal MT Aisyah 08 terduduk lemas sambil menjalani perawatan di Mako Lanal Banten. (Foto: TitikNOL))

MERAK, TitikNOL – 15 awak kapal tangker MT Aisyah 08 saat ini sedang menjalani perawatan di Mako Lanal Banten, karena menghirup asap berwarna oranye yang keluar dari dalam kapal.

Dari belasan awak kapal itu, semuanya mengalami lemas dan mual. Bahkan beberapa di antaranya nyaris pingsan karena terlalu banyak menghirup asap yang diduga mengandung racun berbahaya.

Baca juga: Bahan Kimia yang Diangkut Bocor, Belasan Awak Kapal MT Aisyah Keracunan

Informasi yang diperoleh dari awak kapal, bahan kimia yang dimuat jenis asam nitrat milik MT Global Pioner. Rencananya ada sekitar 700 ton bahan kimia yang diangkut. Namun baru mencapai 300 ton, kapal mengeluarkan asap dan meracuni para awak kapal.

"Total bahan kimia yang akan kita terima dari MT Global Pioner itu sekitar 700 ton. Terus saat proses pemindahan sudah 300 ton tiba-tiba mengeluarkan asap," ujar Jumadil, salah seorang awak kapal saat ditemui di Mako Lanal Banten, Selasa (13/12/2016).

Hingga kini, wartawan belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak Lanal Banten dan pihak terkait lainnya. Sementara para awak kapal masih menjalani perawatan di Mako Lanal Banten. (Ardi/red)

Komentar