Cuaca Buruk, Nelayan di Merak Beralih jadi Kuli Bangunan

Nelayan di Pantai Mabak sedang memperbaiki perahu yang rusak. (Foto: TitikNOL)
Nelayan di Pantai Mabak sedang memperbaiki perahu yang rusak. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Buruknya kondisi cuaca dalam beberapa hari belakangan, membuat nelayan di Pantai Mabak, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon takut melaut.

Untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari selama tidak melaut, mereka terpaksa mencari pekerjaan sampingan menjadi kuli bangunan.

Selain menjadi kuli bangunan, para nelayan juga mengisi kegiatan dengan membenarkan jaring dan perahu yang biasa mereka gunakan untuk melaut.

"Sudah hampir satu minggu ini tidak ke laut, semenjak cuaca buruk saja. Ketinggian gelombang mencalak 1,5 meter," ungkap Karman, salah seorang nelayan, Jumat (20/10/2017).

‎Karman mengakui, saat cuaca normal, para nelayan di daerah ini biasanya mencari ikan ke Pulau Sangiang dan Pulau Tunda, Kabupaten Serang untuk mencari cumi-cumi dan ikan kue.

"Setiap harinya dapat cumi, kadang dapat ikan kue, tapi ‎kalau cuaca lagi kayak gini susah, udah seminggu gini kan cuacanya nggak nentu. Apalagi kalau malem hari (ombaknya besar)," kata Karman.

"Jadi selama tidak melaut dalam seminggu ini, kita gali lubang tutup lubang, minjem kesana kemari. Kalau ada yang dijual ya dijual, kalau enggak paling ikut nguli-nguli yang penting dapur ngebul," akunya. (Ardi/red)

Komentar