DPR Minta Tito Karnavian Perbaiki Kinerja Polda

Calon Kapolri, Komjen Pol Tito Karnavian. (Dok: Kompas)
Calon Kapolri, Komjen Pol Tito Karnavian. (Dok: Kompas)

JAKARTA, TitikNOL - Anggota Komisi III DPR RI, Adies Kadir mengkritik kinerja Kepolisian Daerah di seluruh Indonesia yang masuk dalam predikat buruk.

Menurut Adies, hanya ada lima Polda yang mendapatkan predikat cenderung baik, seperti Polda Aceh, Polda Banten, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Kalimantan Barat.

"Kami membaca dalam laporan eksekutif indeks tata kelola kepolisian Indonesia, penilaian Polda Indonesia tidak ada yang dapat nilai predikat baik," ujar Adies Kadir dalam Fit and Proper test calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian di ruang rapat Komisi III DPR RI, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Untuk itu, politisi Partai Golkar tersebut, mempertanyakan kepada Komjen Pol Tito Karnavian jika terpilih sebagai Kapolri, hal apa saja yang harus dilakukan agar meningkatkan kinerja seluruh jajarannya di daerah.

"Ada dua Polda yang masuk kategori buruk, Malut dan Papua. Kami tahu bahwa saudara pernah jadi Kapolda di Papua. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai Kapolri ke depan, khususnya Polda membutuhkan terobosan yang lebih baik lagi dari pada sebelumnya," ungkapnya.

Ia ingin dengar, Polda dan Polri ke depan dapat predikat baik dan sangat baik. "Termasuk yang disampaikan kawan-kawan profesionalisme soal kriminalisasi," sambung Adies. (Bara/rif)

Komentar