Ini Klarifikasi Lengkap Terkait Kondisi Toilet di Gedung DPRD Kota Serang

Toilet di gedung baru DPRD Kota Serang. (Dok: TitikNOL)
Toilet di gedung baru DPRD Kota Serang. (Dok: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Sekretariat DPRD Kota Serang memberikan klarifikasi lengkap mengenai kondisi toilet yang berada di gedung baru DPRD Kota Serang. Klarifikasi itu disampaikan langsung melalui email yang dikirim ke Redaksi TitikNOL.co.id, Rabu (17/10/2018).

Dalam email tersebut, Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Serang Moh. Ma’mun Chudari menjelaskan, kondisi dua toilet di Gedung DPRD Kota Serang seperti yang diberitakan Redaksi TitikNOL.co.id, saat ini sudah sepenuhnya diperbaiki. Berikut klarifikasi lengkap yang dikirimkan Moh. Ma’mun Chudari tersebut.

Terima kasih informasi berita Titiknol online pada hari Selasa, 16 Oktober 2018 walaupun ada beberapa hal yg tidak sepenuhnya terinformasikan dengan benar:

1. Terdapat sekuranya 13 ruang toilet (Pria dan Wanita) yang ada di Gedung DPRD Kota Serang, 2 ruang toliet diantaranya mengalami masalah pada saluran pembuangan yaitu mampet sejak bulan Agustus 2018. Seharusnya pewarta menginformasikan jumlah ini sehingga tidak muncul tafsir pembaca bahwa seluruh toilet DPRD Kota Serang kotor dan bau.

2. Permasalahan bukan pada ketiadaan air bersih, tetapi pada saluran pembuangan urine/tinja yang mampet pada dua toilet tersebut, sehingga keduanya sementara tidak digunakan dan dalam kondisi terkunci.

3. Sejak bulan September kondisi dua toilet yang bermasalah tersebut sedang dalam perbaikan/pemeliharaan oleh pihak III, yaitu dengan membongkat septic tank yang lokasinya terdapat di salah satu toilet rusak tersebut dengan membuat saluran pembuangan baru.

4. Pengerjaan perbaikan/pemeliharaan baru selesai pada hari Senin, 15 Oktober kemarin. Kondisi kotor dan bau pada 2 toilet tersebut disebabkan pihak cleaning service/offibe boy kantor belum membersihkan. Saya saat itu langsung di depan pewarta menginstruksikan kepada petugas agar segera dibersihkan besoknya, dan hari ini sdh kembali normal dan bisa dicek.

5. Ketersediaan air bersih di gedung DPRD cukup memadai sehingga tidak menjadi permasalahan, walaupun sesekali terkendala karena kondisi mesin yg perlu diperbaiki, tapi secara umum air bersih di gedung DPRD sangat berlimpah.

6. Surat-surat yang dilayangkan kepada pihak PUPR bukan saja terkait permasalahan air, tetapi juga berkenaan dengan kondisi ruangan yg bocor, dinding yg retak, masalah pompa air, plafon yg jebol dan lain-lain/ Hal ini kami lakukan sehubungan pemeliharaan masih menjadi tupoksi PUPR.

Demikian, Terima kasih
Moh. Mamun Chudari

(Red)

Komentar