Hari Tuberkulosis Sedunia

Makanan yang Disarankan dan Pantangan Untuk Penderita Penyakit Tuberkulosis

Hari Tuberkulosis Sedunia. (Dok:net)Hari Tuberkulosis Sedunia. (Dok:net)

TitikNOL - Penyakit TBC atau Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, jadi jangan sepelekan penyakin tuberkulosis (TBC). Karena jika kamu menyelepekan penyakit TBC maka dapat membahayakan nyawa anda yang berakibat fatal dalam jangka waktu tertentu. Orang yang menderita penyakit TBC biasanya menderita kekurangan gizi, sehingga jika para penderita penyakit tuberkulosis (TBC) tidak memperhatikan kandungan gizi dan protein yang terdapat dalam makanan maka dapat membahayakan diri mereka, apalagi jika para penderita penyakit TBC ini sedang dalam proses penyembuhan maka faktor makanan sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika pasien penderita penyakit tuberkulosis (TBC) ini tidak memperhatikan kualitas makanan yang dimakan, maka akan sangat berpengaruh terhadap hasil dari proses pengobatan untuk melawan penyakit TBC ini karena nutrisi dan gizi yang terkandung dalam makanan dapat berfungsi untuk memberikan kekuatan kepada tubuh dalam melawan dan memusnahkanpenyakit tuberkulosis (TBC) dari tubuh.

Penderita TBC di seluruh dunia terus bertambah setiap hari, bahkan menurut data dari WHO menyebutkan penderita TBC yang aktif dan tidak melakukan pengobatan maka akan menulari orang lain sebanyak 10-15 orang setiap tahun. Tetapi tidak usah takut lagi, karena sekarang TBC sudah terdapat obatnya. Bagi kalian yang menderita penyakit TBC maka datang saja ke puskesmas dan anda harus berobat rutin minimal selama 6 bulan secara terus-menerus hingga penyakit TBC benar-benar lenyap dari tubuh anda. Bagi kalian yang belum tertular penyakit TBC, maka alangkah baiknya mencegah supaya kalian tidak tertular penyakit tuberkulosis (TBC). Salah satu cara mencegah supaya tidak tertular penyakit TBC adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B, zat besi, antioksidan, menjauhi makanan olahan seperti gula dan roti, serta anda juga harus menjaga aktifitas dengan para penderita

penyakit TBC, jangan makan dan minum dari satu tempat karena penyakit TBC juga dapat menular melalui peralatan makan serta saat batuk, usahakan jangan terlalu dekat sehingga anda tidak tertular virusnya melalui udara.

Bagi penderita penyakit TBC, maka alangkah baiknya menjaga pola makan dan gaya hidup supaya proses penyembuhan dan pengobatan penyakit TBC menjadi cepat, sehingga para penderita penyakit TBC dapat cepat sembuh dan terbebas dari penyakit tuberkulosis (TBC). Berikut ini adalah panduan makanan seimbang yang dianjurkan bagi penderita penyakit TBC dalam membantu proses penyembuhan seperti dikutip dari diethealthclub.com.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Penyakit TBC

1. Makanlah berbagai macam buah segar dan sayuran setiap hari, tetapi tetap dalam jumlah kalori yang direkomendasikan dokter.

Pilih sayuran yang berbeda dari berbagai jenis seperti sayuran hijau tua, sayuran berwarna oranye, kacang, dll.

2. Susu atau produk susu harus dikonsumsi setidaknya 3 kali sehari.

Kalsium dalam susu sangat penting dalam membangun kesehatan tulang pasien TBC.

3. Untuk produk daging, pilihlah daging tanpa lemak atau rendah lemak. 10 persen asupan kalori harian harus berasal dari lemak jenuh dan sekitar 200 mg kolesterol.

Jagalah asupan total lemak dan minyak antara 25 – 30 persen kalori harian. Sebagian besar lemak harus berasal dari lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam makanan seperti ikan, kacang-kacangan dan minyak sayur.

4. Makanlah berbagai macam makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Makanlah makanan kecil sepanjang hari dengan rentang waktu yang singkat. Pastikan agar tubuh mendapat cukup asupan cairan dan garam dalam makanan.

5. Makanan untuk pasien TB harus sederhana, dipersiapkan dengan baik dan mudah dicerna. Makanan yang lebih berat baru dapat diberikan kepada pasien setelah kondisinya sangat membaik.

Selain makanan yang dianjurkan untuk para penderita penyakit TBC, ada juga beberapa makanan yang harus dihindari bahkan merupakan pantangan bagi para penderita penyakit tuberkulosis (TBC).

Makanan pantangan/dilarang untuk penderita penyakit TBC

1. Gula halus dan gula olahan harus dihindari oleh penderita TBC.

Contohnya seperti roti putih, gula putih, sereal dan makanan manis seperti kue dan puding.

2. Saus yang kaya akan natrium dan gula juga harus dihindari.

Saus apel atau saus cranberry dapat dijadikan alternatif.

3. Teh kental dan kopi yang mengandung banyak kafein harus dihindari karena kafein adalah stimulan TBC.

Tapi menurut University of Maryland Medical Center, teh hijau yang bebas kafein dapat diminum bersama dengan pengobatan TBC karena mengandung antioksidan.

4. Acar banyak mengandung natrium.

Karena asupan natrium pada penderita TBC harus dibatasi, maka acar juga sebaiknya dihindari. Sebanyak 1 – 2 ons acar mengandung 850 miligram natrium.

5. Pasien TBC dilarang keras mengkonsumsi alkohol atau minuman beralkohol selama menjalani pengobatan.

Jadi, untuk yang menderita penyakit TBC atau memiliki kenalan penderita penyakit TBC, maka alangkah baiknya untuk melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Karena semua itu demi kebaikan dalam melawan penyakit TBC, sehingga penyakit TBC dapat segera pergi dan tubuh menjadi terbebas dari penyakit TBC.

 

 

 

 

 

Sumber: www.bloganak15.blogspot.co.id

Komentar