Pemkab Lebak Bantu Pengobatan Bocah Tersengat Listrik yang Tak Mampu Berobat

Enda Juliana (13) tersengat listrik tak mampu untuk berobat. (Dok: TitikNOL)
Enda Juliana (13) tersengat listrik tak mampu untuk berobat. (Dok: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat merespons keluhan warganya yang tak mampu berobat akibat tersengat listrik.

Keluhan itu datang dari orangtua Enda Juliana (13) warga Kampung Ciherang, Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, korban tersengat listrik saat tengah memperbaiki kandang kambing.

Dua pekan Enda Juliana hanya bisa terbaring lemas tanpa ada pengobatan luka bakar lanjutan, karena orangtuanya bernama Endi (32) tak memiliki biaya untuk mengobati anaknya tersebut.

"Bentuk bantuan kepada korban semacam itu, kalau dari Dinsos berupa sarana fasilitas pengobatan berupa BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) atau pengobatan yang biayanya ditanggung Pemerintah. Sarankan untuk secepatnya berobat ke rumah sakit dan usulkan segera BPJS PBInya ke kami, tinggal lapor ke Kades setempat untuk dibantu proses pengusulannya,"ujar Eka Darmana Putra Kadinsos Pemkab Lebak kepada TitikNOL, Jumat (7/9/2018).

Baca juga: Akibat Miskin, Bocah Tersengat Listrik di Lebak Tak Mampu Berobat

Menurut Kadinsos, jika pihak keluarga kesulitan biaya operasional atau ongkos, minum dan makan selama korban berobat di rumah sakit pihak keluarga korban agar menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

"Usulkan saja ke kami pakai SKTM, diketahui Kades dan Camat, gampang itu mah yang penting si korbannya segera diobati di rumah sakit, kasihan,"imbuh Eka Darmana Putra.

Diberitakan sebelumnya, dua pekan, bocah berusia 13 tahun Enda Juliana, anak dari pasangan Endi (32) dan Ani (29) warga Kampung Ciherang, Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak terbaring lemas tanpa pengobatan akibat luka bakar tersengat listrik.

Endi orang tua korban menuturkan, sebelum kejadian anaknya mengikuti Sapta (40) paman korban memperbaiki kandang kambing yang tak jauh dari rumah korban. Ternyata dibawah kandang kambing itu ada kabel listrik yang melintang. Karena tidak begitu tinggi kabel listrik itu di benerin menggunakan sebatang pohon singkong.

"Itu terjadi saat anak saya membetulkan kabel listrik dengan batang singkong, tidak lama ternyata aliran listrik menyengat tubuh anak saya yang hampir sebagian badannya melepuh," kata Endi, Kemarin. (Gun/TN2)

Komentar