Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik, KPK Kenalkan Aplikasi JAGA

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo saat memperkenalkan aplikasi JAGA kepada masyarakat dan pimpinan daerah. (Dok: Okezone)Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo saat memperkenalkan aplikasi JAGA kepada masyarakat dan pimpinan daerah. (Dok: Okezone)

JAKARTA, TitikNOL - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memperkenalkan aplikasi JAGA kepada masyarakat dan pimpinan daerah. Menurut Agus, aplikasi tersebut berguna untuk mengawasi setiap kebijakan pemerintah baik yang di pusat atau daerah.

"Ini kita tadi saya bilang KPK perannya sebagai monitoring kebijakan pemerintah dan pencegahan. Makanya, inovasi kami, kita perkenalkan aplikasi jaga, yang ada di gadget anda. Semua bisa mengakses," ujar Agus di gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Lanjutnya, setiap masyarakat akan mudah memperoleh aplikasi tersebut dengan mendownload di gadget. Nanti, jika ada permasalahan terhadap layanan publik masyarakat bisa langsung mengadukan keluhan, saran dan kritiknya.

"Ini untuk layanan publik mungkin nanti bisa ada di gadget anda masing-masing layanan publik untuk sekolah, rumah sakit, perizinan. Soal perizinan kan ribuan, nanti anda punya akses, KPK hanya sebagai triger. Nanti diserahkan ke kementeriannya masing-masing, supaya kementeriannya merespon masukan masyarakat dan menjawab, lalu merespon untuk bersifat perbaikan," jelasnya.

Tambah Agus, jika aplikasi JAGA tersebut sudah matang, maka akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Desember mendatang.

"Insya Allah diresmikan bulan Desember, kalau pak Presiden bersedia yang meresmikan di Pekanbaru," ungkapnya. (Bara/Rif)

Komentar