TANGERANG, TitikNOL - Menjelang Natal dan Tahun Baru, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melaksanakan Gelar Personel dan Peralatan Siaga Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Halaman Kantor PLN UID Banten, Kamis (16/12/2021).
Apel ini dipimpin langsung General Manager PLN UID Banten Sandika Aflianto sebagai langkah untuk memastikan kesiapan dan keamanan pasokan listrik khususnya di Provinsi Banten jelang Natal dan Tahun Baru 2022.
Sandika menuturkan siaga personel kelistrikan dilaksanakan untuk menumbuhkan jiwa _alert_ petugas mengingat kelistrikan meruoakan hal yang penting dan dihaga 24 jam.
"Melalui kegiatan Apel Siaga kita diingatkan kembali utk memastikan personelbdan peralatan kerja kita. Pastikan dalam kondisi apapun kita semua siap dan selalu siaga", ungkap Sandika.
Dikatakan Sandika, sebanyak 1.296 petugas disiagakan jelang Natal dan Tahun Baru. Guna menunjang kelancaran pekerjaan dan operasional petugas diseluruh unit-unit layanan, PLN UID Banten juga menyiagakan 104 armada pendukung, yang terdiri dari 22 Unit Gardu Bergerak, 13 Unit Kabel Bergerak, 9 Unit Trafo Bergerak, 2 Unit Kubikel bergerak, 2 Mobil Assesment, 6 unit skylift, 8 unit UPS, 3 unit deteksi, 5 unit crane, 7 unit perahu karet, 22 unit genset, dan 5 unit PDKB yang siap bergerak dengan cepat jika sewaktu-waktu diperlukan.
Dalam menjaga kelistrikan, Sandika mengingatkan kepada petugas untuk senantiasa menggunakan Alat Pelindung Diri, seperti sepatu safety, rompi, helm, dan juga peralatan penunjang pekerjaan.
“Apel ini mengingatkan kita agar tetap menjaga keselamatan. Kita harus tetap stay alert dan melaksanakan pekerjaan sesuai SOP (Standar Operating Procedure). Jangan lengah karena telah terbiasa mengerjakan pekerjaan kita, namun kita harus tetap waspada dan bersiaga untuk terus mengecek peralatan kita dan mengutamakan SOP dalam setiap pekerjaan.â€
PLN UID Banten menyiagakan Petugas Pelayanan Teknik yang siap siaga selama 24 jam di posko siaga dengan lokasi prioritas tempat-tempat ibadah gereja umat Nasrani. Selain itu, petugas juga akan bersiaga di sarana transportasi seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta, dan Pelabuhan Ferry Merak Banten, dan juga bersiaga di 30 rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 dan pabrik produksi oksigen.
Turut hadir dalam Apel tersebut, perwakilan BPBD Kota Tangerang, perwakilan Polres Metro Tangerang Kota, Senior Manager Distribusi PLN UID Banten, Putu Eka Astawa bertindak sebagai pemimpin apel siaga serta seluruh Manager Unit Pelaksana dan Unit Layanan Pelanggan dan mitra kerja PLN UID Banten.
Menurut sambutannya Sandika mengajak seluruh pelanggan PLN dapat melaporkan keluhan dan gangguan melalui Contact PLN 123, terutama aplikasi PLN Mobile.
“PLN memiliki aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan untuk melaporkan apabila mengalami keluhan ataupun gangguan listrik selama Nataru. Pelanggan hanya tinggal mendownload aplikasi tersebut dan menginfokan mengenai keluhan ataupun gangguan yang dialami. Melalui aplikasi ini pelanggan juga dapat melihat progres laporan yang diberikan,†tutup Sandika. (TN3)