RSUD Malingping Bantah Buang Limbah Cair Ke Aliran Sungai Batukarut

RSUD Malingping. (Dok: rsudmalingping.bantenprov)
RSUD Malingping. (Dok: rsudmalingping.bantenprov)

LEBAK, TitikNOL - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping, membantah telah membuang limbah cair ke aliran sungai Batukarut yang membentang sepanjang 1 kilometer di Kampung Sukajadi, Desa Rahong, Kecamatan Malingping.

Bantahan tersebut disampaikan Nasrudin, Kepala Bidang (Kabid) Keperawatan RSUD Malingping kepada TitikNOL, Kamis (20/7/2018) melalui sambungan telepon selulernya.

Baca juga: Sungai Diduga Tercemar Limbah RSUD Malingping, Warga Was-was

Menurutnya, tidak setetes pun air limbah rumah sakit milik pemprov Banten itu dialirkan ke aliran sungai Batukarut. Kata dia, RSUD Malingping sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sementara jarak bak penampung dari IPAL tersebut jauh dari lokasi aliran sungai Batukarut.

"Jadi tidak benar kalau dibilang ada aliran limbah cair yang mengalir ke sungai atau kali Batukarut itu. Kemarin kami sudah panggil kepala desanya dan kami hadirkan juga sejumlah wartawan. Kalau pun ada aliran air ke kali itu, mungkin hanya rembesan, tapi jarak bak penampung jauh dari aliran kali paling kalau rembesan pun habis di jalan," ujar Nasrudin.

Selain itu kata Nasrudin, hasil uji lab air limbah RSUD Malingping sudah ditunjukan kepada sejumlah wartawan dan kepala desa setempat.

"Hasil uji lab air limbahnya nol, jadi tidak berbahaya," tukas Nasrudin. (Gun/red)

Komentar