Jelang Pilgub Banten 2017

Awas! Anggota Panwas Berafiliasi ke Partai akan Dicoret

Ilustrasi Panwas. (Dok:net)
Ilustrasi Panwas. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL - Calon anggota panitia pengawas (panwas) di 8 kabupaten dan kota untuk Pilgub 2017, bakal didiskualifikasi jika terbukti terafiliasi dengan partai politik atau calon kandidat.

Tim seleksi (timsel) pun meminta peran aktif masyarakat untuk menyampaikan tanggapan, jika ada nama-nama calon panwas yang diduga ada hubungan kekerabatan dengan calon maupun kepengurusan di parpol.

Sekretaris Timsel, Ikhsan Ahmad mengatakan, jika pada tahap uji publik ini ada calon panwas yang dilaporkan memiliki afiliasi dengan salah satu partai politik dan terbukti, secara otomatis akan dicoret.

"Sesuai surat pernyataaan yang di tandatangani masing-masing calon. Jika ada laporan adanya terkait afiliasi. Kemudian diklarifikasi dan terbukti itu akan dicoret," kata Ikhsan, melalui rilis yang diterima wartawan, Minggu (8/5/2016).

Ia menegaskan, tidak ada titipan pihak-pihak tertentu dalam proses rekrutmen calon panwas. Timsel menyeleksi secara objektif dengan melihat kualitas pengetahuan teoritis hingga pengalaman kepemiluan para calon panwas.

"Kami bekerja dalam dunia politik yang penuh kepentingan, jadi harus pandai-pandai memilah besar mana kepentingan golongan dan negara sehingga akan memunculkan pengawas yang baik," katanya.

Ia mengatakan, dari 175 peserta yang menjalani tes tertulis pada 5 Mei lalu di Untirta Serang, mengerucut menjadi 85 orang yang dinyatakan lolos. Untuk calon panwas Kab. Pandeglang, Kab. Lebak, Kota Serang, dan Kabupaten Tangerang masing-masing sebanyak 12 orang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, dan Kota Tangsel masing-masing sebanyak 9 orang. Sedangkan Kab. Serang sebanyak 10 orang

"Tes wawancara akan dilakukan selama empat hari di daerah masing-masing pada 11-14 Mei mendatang," tukasnya.

Untuk calon panwas Kab. Lebak dan Pandeglang tes wawancara akan dilakukan pada 11 Mei di Hotel Sofyan Pandeglang, Kota Cilegon pada keesokan harinya di Hotel Cilegon City. Pada Jumat (13/5), peserta Kota dan Kabupaten Serang dites di Hotel Mahadria Serang, dan keesokan harinya panwas untuk wilayah Tangerang akan dites di Hotel Sol Marina BSD. (Kuk/red)

Komentar