Parpol di Banten Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

perwakilan partai politik saat membacakan deklarasi. (Foto: TitikNOL)
perwakilan partai politik saat membacakan deklarasi. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Para elit partai politik di Banten bersepakat untuk melakukan kampanye damai pada ajang Pemilu 2019 mendatang. Kesepakatan ini dituangkan dalam deklarasi kampanye damai di depan Museum Negeri Banten, Kota Serang, Minggu (23/9/2018).

Dalam acara yang diinisiasi oleh KPU Banten tersebut, para elit partai politik di Banten bersepakat untuk melakukan tiga hal pada Pemilu 2019. Yaitu, melaksanakan pemilu yang damai dan bebas hoax, bebas politisasi SARA dan bebas politik uang.

"Mulai hari ini hingga 14 April 2019 tahapan kampanye telah dimulai. Kita berharap kampanye nanti bisa berlangsung aman dan damai serta bersih dari hoax, politisasi SARA dan politik uang," kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon.

Pihaknya juga berharap tim sukses dari para calon anggota legislatif mulai dari DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota maupun calon anggota DPD bisa terlibat secara aktif memberikan pendidikan politik yang baik untuk masyarakat.

"Intinya, harus berkomitmen tidak melakikan kampanye kotor, fitnah, ujaran kebencian, SARA maupun praktek politik uang yang bisa mengotori marwah demokrasi kita," tuturnya.

Selain meminta para peserta pemilu yang akan maju beserta para tim suksesnya, ia juga berharap penyelenggara pemilu dan aparatur negara bisa menjaga netralitasnya dalam ajang pesta demokrasi tersebut.

"Kita yakin bahwa masyarakat Banten mampu menjaga pemilu serentak dengan damai. Mari kita sukseskan pemilu di Bangen dengan menolak hoax, politisasi SARA dan politik uang," ujarnya.

Selain dihadiri para elit politik di Banten, turut hadir dalam acara deklarasi tersebut sejumlah calon anggota DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota hingga calon anggota DPD dari Banten. Hadir juga Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy serta Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Korniawan. (Tolib/TN2)

Komentar