Kenalkan Internet Sehat, Dishubkominfo Banten Gelar Worskhop dengan Guru

ilustrasi. (Dok: Beritasatu)ilustrasi. (Dok: Beritasatu)

SERANG, TitikNOL – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten, menggelar workshop peningkatan kapasitas digital literasi melalui pemberdayaan teknologi dan informasi serta internet sehat. Kegiatan acara ini di hadiri 313 orang guru yang melibatkan ketua PGRI dan Universitas pada tanggal 03-05 November 2016 lalu di Grand Serpong, Tangerang.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten Revri Aroes mengungkapkan, tujuan adanya agenda sosialisasi ini yaitu untuk mengenalkan digital literasi kepada para guru serta peningkatan kapasitasnya. Apa yang dimaksud literasi digital, pemanfaatannya dan dampaknya.

“Tujuan di adakannya sosialisasi ini untuk para guru dan nantinya bisa lebih bijak menyikapi literasi digital ini dan kemudian nanti kembali menjelaskan kepada para murid-muridnya di masing-masing sekolah,” kata Revri Aroes, Kamis (10/11/2016).

Literasi digital sendiri bukan hanya sekedar kemampuan mencari, menggunakan dan menyebarkan informasi, karenanya harus ada kemampuan dalam membuat informasi dan mengeevaluasi secara kritis.

Lanjut Revi, disisi lain, literasi digital mencakup tanggung jawab dari setiap penyebaran informasi yang dilakukan karena menyangkut dampaknya terhadap masyarakat.

Menurut Revri penyikapan literasi digital yang baik akan menimbulkan efek baik. Misalnya, untuk para guru, akan lebih mudah mendapatkan bahan ajar yang lebih efektif, efisien, dan menyenangkan untuk para mengajar para murid.

“Jadi untuk pelayanan pun bisa lebih gampang, dengan cara online, sehingga tidak lagi harus menghabiskan waktu dan energi,” pungkasnya. (Adv)

Komentar