Tangsel Bakal Miliki TPU Berkonsep Mal di Setu

Kasi Disperkimta Tangsel, Nazmudin. (Foto: TitikNOL)Kasi Disperkimta Tangsel, Nazmudin. (Foto: TitikNOL)

TANGSEL, TitikNOL - Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki terobosan baru. Kali ini melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta), kota bermotto Cerdas, Modern dan Religius ini bakal memiliki tempat pemakaman umum (TPU) berkonsep mal.

TPU konsep mal itu nanti akan hadir dengan satu makam dengan tujuh tingkat dengan fasilitas mobil jenazah, lahan, peturasan, tempat ibadah, toko kembang hingga layanan makan dan minum. Ide itu muncul seiring padatnya penduduk di Tangerang Selatan berbarengan dengan semakin sempitnya lahan pemakaman di Tangsel.

"Sekarang sudah dimulai pembangunannya di TPU Sari Mulya, Sari Mulya, Kecamatan Setu, Tangsel. Tapi baru pada tahap membersihkan rumput dulu, terus berlanjut untuk pembangunan sarana dan prasarananya," terang Kasi Pemakaman pada Disperkimta Tangsel, Nazmudin, Senin (1/4/2019).

Meski begitu, lanjut Nazmudin, TPU Sari Mulya yang luasnya 20 Ha tersebut nantinya dibagi dalam model blok pemakaman Islam, Nasrani, Budha, Hindu dan agama lain yang diakui oleh negara. Dalam lingkungan TPU itu nantinya di masing-masing area ada tempat ibadahnya, termasuk Rumah Duka dan Rumah Abu.

"Makam Sari Mulya areanya kecil. Tapi setelah sejumlah pengembang membeli lahan untuk wajib fasum dan diberikan kepada Pemkot, jadinya bertambah luasnya, 20 Ha,"jelasnya.

Meski demikian, pihaknya berharap dengan adanya mal pemakaman, masyarakat Tangsel tak lagi repot bila ada keluarga yang meninggal. Warga tinggal mengirim jenazah, proses pemakaman akan dilakukan petugas sesuai permintaan.

Mengenai biaya atau restribusi akan disesuaikan dengan Peraturan Daerah. Demikian pula dengan orang yang meninggal tanpa indentitas, akan ada blok tersendiri dan tak ada beban biaya alias gratis. (ADV/Don).

Komentar