Heboh Seruan Bisnis Racun Kalajengking, Waspada Bahayanya

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - Heboh seruan Presiden Joko Widodo yang 'mengajak' masyarakat berbisnis racun kalajengking menuai banyak reaksi dari masyarakat. Padahal seperti yang kita pahami, bahwa racun dari hewan golongan serangga itu sangat berbahaya.

Kalajengking faktanya mengandung racun yang membahayakan tubuh. Bila manusia tersengat, dampaknya bisa bikin kulit bengkak hingga menyebabkan efek syok.

Dijelaskan Direktur Lembaga Eijkmen Profesor Amin Soebandrio, kalajengking belum diteliti pasti apakah bermanfaat atau tidak. Tapi bahayanya sebagian besar hewan ini menimbulkan toksik yang merugikan.

"Racun kalajengking itu bahaya. Ada efek toksik yang bisa bikin kulit bengkak dan syok. Sifat ini tidak hanya ada di kalajengking, tapi juga di hewan serangga lainnya," ujar Prof Amin saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Beberapa studi ilmiah di luar negeri bahkan disebutkan bahwa racun kalajengking bisa jadi obat. Ada senyawa dalam tubuh kalajengking dengan jenis tertentu yang bisa menyembuhkan atau mencegah berbagai penyakit.

Namun, peneliti dari Lembaga Eijkman belum meneliti lebih lanjut akan manfaat itu. Prof Amin menanggapi bahwa hampir semua hewan memang punya manfaat dan butuh studi lanjut untuk membuktikan.

"Jangan cuma bicara kalajengking, hampir semua hewan serangga bisa membuat kita alergi atau bikin kulit gatal. Misalnya laba-laba atau semut, kalau nempel ke kulit langsung jadi merah-merah," tambahnya.

Sekedar diketahui, Presiden RI ke-7 tersebut dalam pidatonya menyebutkan bahwa zat racun kalajengking harganya fantastis jika dijual. Satu liternya dihargai sekira Rp145 Miliar. Dia bahkan mengimbau kepala daerah untuk 'berbisnis' racun kalajengking ini.

"Jadi Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, kalau mau kaya, cari racun kalajengking," ujar Presiden Jokowi.

Bahkan, seruan orang nomor satu di Indonesia itu mendadak viral yang menuai banyak komentar masyarakat. Kabar ini jadi perbincangan hangat di jagat maya.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: Jokowi Bicara Bisnis Racun Kalajengking, Waspada akan Bahayanya!

Komentar