Samsung yang Mulai Merayap ke Bisnis Otomotif

Samsung Pavilion. (Dok: parapusula)Samsung Pavilion. (Dok: parapusula)

TitikNOL - Memang bukan hal aneh lagi jika perusahaan raksasa seperti Samsung membeli perusahaan lain. Namun yang menarik kali ini adalah gelagat Samsung yang tampaknya mulai menunjukkan perhatian ke pasar otomotif, terutama setelah membeli Harman International.

Memang tidak secara langsung, melalui akuisisi yang dilakukannya ini, Samsung sepertinya akan mulai merayap ke pasar otomotif dengan perlahan, dan terlebih dahulu mulai mengembangkan perangkat hiburan. Entah untuk kedepannya.

Sebagaimana dilansir Carscoops, tak tanggung-tanggung Samsung sampai merogoh kocek hingga USD8 miliar untuk bisa memiliki Harman International. Dan menurut Samsung sendiri, langkah ini dinilai cukup tepat untuk memperkuat lini bisnis mereka di bidang perangkat hiburan.

Harman sendiri mungkin merupakan brand yang sudah tak asing di kalangan penggila otomotif. Saat ini saja misalnya, kurang lebih ada 30 juta unit mobil yang sudah dikemas dengan teknologi sistem audio garapan Harman. Dan Samsung juga dikabarkan berencana untuk menyuntikan sejumlah teknologi andalannya kepada produk Harman, mulai dari solusi keamanan, teknologi layar hingga jaringan 5G.

President and Chief Strategy Officer Samsung Electronics, Young Sohn mengatakan bahwa teknologi mobil di masa depan akan beralih ke teknologi cerdas yang terkoneksi, sepert feature phone yang kini beralih ke smartphone.

“Dengan bekerja sama, kami bertujuan untuk menjadikan Harman sebagai penyedia Tier 1 untuk OEM yang menyediakan solusi lengkap di seluruh sistem yang terkoneksi,” tuntas Sohn.

Saat ini, Harman juga diketahui telah menaungi sejumlah merek audio seperti JBL, Harman Kardon, Reve, Bowers & Wilkins, juga Bang & Olufsen. Yang semuanya jelas memliki kualitas terbaik di kelasnya.

Sumber: www.rancahpost.co.id

Komentar