Tips Mencuci Celana Jin Agar Tetap Awet Warnanya

Ilustrasi celana jin. (Dok: instyle)
Ilustrasi celana jin. (Dok: instyle)

TitikNOL - Apakah Anda termasuk orang yang selalu mengandalkan pakaian berbahan jin, seperti celana atau jaket untuk berbagai aktivitas? Jika ya, ada baiknya untuk tidak mencuci setiap habis pakai. Ini dia cara mencuci jin yang tepat agar kualitas bahan dan warna tahan lama.

Pisahkan dari pakaian lain

Saat dimasukkan dalam mesin cuci, jangan campurkan jin dengan pakaian lain, agar tidak luntur. Juga, balik bagian dalam jin menjadi bagian luar, sehingga yang dicuci dan dibilas adalah bagian dalam. Ini dilakukan agar warna jin lebih tahan lama.

Kurangi beban mesin cuci

Pada dasarnya, pencucian jin membutuhkan ruang yang banyak. Usahakan agar mencuci paling banyak lima jin secara bersamaan. Hal ini agar mesin cuci tidak menerima beban berlebihan dan hasil cucian lebih optimal.

Gunakan air suhu normal

Untuk pencucian biasa, Anda cukup menggunakan air dengan suhu normal. Namun, bila jin atau jaket denim terkena noda atau kotoran, baru gunakan air hangat.

Jangan dijemur di bawah matahari

Saat akan dikeringkan, jangan digantung di tempat yang terpapar langsung sinar matahari, agar warna tidak cepat pudar. Selain itu, hindari juga menggunakan mesin pengering, karena putaran dan suhunya akan membuat jin menyusut dan berubah bentuk.

Tidak perlu sering dicuci

Supaya warna jin tetap awet seperti semula, Anda tidak perlu terlalu sering mencucinya. Cukup sebulan sekali atau ketika jin Anda terkena noda dan mulai menimbulkan bau kurang sedap.

Berita ini telah tayang di beritagar.id, Selasa 7 November 2017 dengan judul Cara cuci celana jin agar warnanya awet

Komentar