Penulis Buku Harry Potter Dapat Penghargaan dari Kerajaan Inggris

JK Rowling memamerkan sebuah lencana dengan kain merah dari Pangeran William di Istana Buckingham. (Dok: twitter)
JK Rowling memamerkan sebuah lencana dengan kain merah dari Pangeran William di Istana Buckingham. (Dok: twitter)

TitikNOL - Harry Potter berhasil membawa JK Rowling menerima penghargaan dari Kerajaan Inggris. Rowling mendapatkan penghargaan prestisius bertajuk Companion of Honour.

Rowling menerima penghargaan itu atas jasanya di bidang literasi dan filantropi berkat kesuksesan serial Harry Potter baik dalam bentuk buku maupun film.

Pemilik nama asli Joanne Rowling itu menerima sebuah lencana dengan kain merah dari Pangeran William pada Selasa (12/12) di Istana Buckingham. Saat menerima penghargaan itu, Rowling datang bersama suaminya, Neil Murray.

"Masuk dalam kategori terhormat dan berbakat dari Companions of Honour, terutama sebagai penulis perempuan, adalah keistimewaan," kata Rowling usai menerima penghargaan itu.

Companions of Honour merupakan penghargaan yang diberikan bagi orang-orang yang berjasa dalam berbagai bidang di Inggris.

Sejak diberikan oleh Raja George V pada 1917, hanya ada 65 orang yang menerima penghargaan itu mulai dari politisi, ilmuwan, seniman, olahragawan, hingga koki.

Penghargaan ini membuat nama Rowling sejajar dengan Stephen Hawking, Janet Baker, Judi Dench, Ian McKellen, dan Maggie Smith yang sudah mendapatkan gelar serupa sebelumnya.

Diberitakan Huffington Post, penghargaan Companion of Honour ini bukan gelar pertama dari Kerajaan Inggris yang diterima Rowling. Pada 2001 Rowling menerima titel Officer of the Order of the British Empire karena jasanya terhadap literasi anak.

Penghargaan ini satu tingkat lebih tinggi daripada yang diterima Ed Sheeran beberapa waktu lalu.
Kerajaan Inggris punya lima tingkatan gelar, dimulai dari Member, Officer, Commander, Knight Commander atau Dame Commander, dan yang paling tinggi Knight Grand Cross atau Dame Grand Cross of the Most Excellent Order.

Pemilik gelar Knight Grand Cross atau Dame Grand Cross berhak menggunakan gelar Sir bagi pria atau Dame bagi wanita, di nama mereka.

Berita ini telah tayang di cnnindonesia.com, Rabu 13 Desember 2017 dengan judul JK Rowling Terima Penghargaan dari Kerajaan Inggris

Komentar