Rampok Minimarket, Gerombolan Bersenjata Samurai Gasak Rp69 juta

Ilustrasi. (Dok: republika)
Ilustrasi. (Dok: republika)

SERANG, TitikNOL - Aksi perampokan mini market kembali terjadi di wilayah hukum Polres Serang. Kali ini empat perampok bersenjata samurai menyasar mini market Indomaret di Jalan Serang - Jakarta KM 68, Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupetan Serang, Senin (9/10/2017).

Dari dalam mini market yang beroperasi 24 jam ini, para pelaku berhasil menggasak uang tunai sebanyak Rp69 juta.

Diperoleh keterangan, peristiwa pencurian dengan kekerasan (curas) ini terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Pada saat kejadian, toko swalayan ini hanya ada 2 karyawan bertugas.

Sedangkan dari keterangan yang didapat aparat kepolisian, mini market yang beroperasi 24 jam ini tidak menggunakan jasa keamanan luar.

Dua sepeda motor yang ditumpangi 4 pelaku parkir di depan toko. Nampaknya para pelaku sudah mengatur strategi mulai melakukan aksinya pada saat toko tidak sedang tidak ada pembeli.

Dua pelaku kemudian masuk ke dalam toko, sedangkan dua pelaku lainnya bertugas di luar toko untuk mengawasi.

Begitu berhadapan dengan pelayan toko, kedua pelaku langsung mengeluarkan senjata sejenis samurai yang memang sudah persiapkan.

Senjata tajam itu kemudian ditodongkan ke arah ke dua pelayan sembil mengancam akan membunuh jika melawan atau tidak menuruti keinginan para pelaku. Karena takut akan ancaman itu, kedua karyawan tersebut langsung menyerahkan uang yang ada dalam kasir.

Tak puas mendapatkan uang dari kasir, pelaku memaksa korban untuk menyerahkan uang yang ada dalam brankas. Kedua karyawan ini akhirnya menyerahkan dari brankas sebanyak Rp40 juta. Para pelaku juga menggasak rokok yang ada di konter.

Setelah berhasil mendapatkan uang dan barang rampokan, keempat pelaku langsung melarikan diri ke arah Jakarta. Setelah mengetahui pelaku kabur, kedua karyawan ini kemudian melaporkan kejadian perampokan itu kepada atasannya dan selanjutnya dilaporkan ke Mapolsek Cikande.

Wakapolsek Cikande, AKP Ate Waryadi ketika dikonfirmasi mengatakan, para pelaku berhasil menggondol uang sebanyak Rp69 juta dari dalam brankas.

Untuk pelaku, kata Wakapolsek, diperkirakan berjumlah 4 orang menggunakan 2 kendaraan motor. Dua masuk ke dalam sedangkan dua pelaku lainnya mengawasi di luar toko.

"Dari keterangan yang kami dapat, pelakunya sebanyak 4 orang dan bersenjata api. Uang yang berhasil dibawa pelaku sekitar Rp69 juta," kata Wakapolsek.

AKP Ate menyayangkan tidak ada keamanan luar di mini market tersebut. Padahal, kata Ate, pihaknya juga sebelumnya sudah mengimbau kepada suluruh mini market di wilayah Cikande untuk menggunakan keamanan luar dan tidak menyimpan uang dalam jumlah besar.

"Sudah kita imbau sebelumnya mulai dari penempatan keamanan luar serta tidak menyimpan uang dalam jumlah besar. Dengan kejadian ini, kami akan tegaskan lagi agar seluruh pengelola swalayan agar mematuhi imbauan kami," tegas Ate Waryadi. (hr/red)

Komentar