Buku Filosofi Sepakbola Indonesia Resmi Diluncurkan PSSI

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo. (foto ist)
Direktur Teknik PSSI, Danurwindo. (foto ist)

TitikNOL - PSSI akhirnya secara resmi meluncurkan buku Filosofi Sepakbola Indonesia, 9 November, di kantor pusat PSSI, kawasan Jakarta Selatan. Dari namanya saja, sudah jelas buku ini akan jadi kitab bagaimana identitas permainan sepakbola nantinya.

Danurwindo selaku direktur teknik PSSI merumuskan bagaimana filosofi sepakbola Indonesia dalam buku ini, bersama tim High Unit Performance (HPU) dari PSSI. Buku setebal 165 halaman ini akan jadi panduan bagi para pelatih usia muda di Indonesia.

"Youth development (pengembangan usia muda) memang dikenal di Indonesia, tapi kita tidak punya guidance (panduan) yang pas. Ini adalah panduan gaya bermain, menyerang, bertahan, transisi yang dipilih Indonesia untuk diadopsi terutama untuk youth development," ucap Danur.

Untuk seseorang yang mulai terjun di dunia kepelatihan, buku ini nantinya akan menjadi panduan utama mereka dalam melatih dan membentuk pemain. Bahkan, buku Filosofi Sepakbola Indonesia ini akan jadi standar kurikulum untuk lisensi pelatih AFC.

"Kurikulum lisensi AFC sudah menggunakan filosofi sepakbola Indonesia, jadi semua sudah mengajarkan filosofi ini. Kita harapkan pelatih pelatih ini dapat mengajarkan filosofi ini," imbuh Danur yang pernah menukangi timnas Indonesia dan Persija Jakarta.

"Permintaan permintaan dari daerah sangat luar biasa, tapi menurut kami itu tidak cukup. Kami akan melakukan workshop ke daerah daerah, sekitar sepuluh daerah. Kami juga akan workshop ke kompetisi usia muda dan juga pelosok-pelosok."

Berita ini telah tayang di goal.com, Kamis 9 November 2017 dengan judul PSSI RESMI LUNCURKAN BUKU FILOSOFI SEPAKBOLA INDONESIA

TAG pssi
Komentar