Keputusan Wasit yang Menunjuk Titik Putih Buat Pelatih Irlandia Geram

Eksekusi penalti Ricardo Rodriguez sukses menangkan Swiss atas Irlandia Utara. (Dok: thesun)
Eksekusi penalti Ricardo Rodriguez sukses menangkan Swiss atas Irlandia Utara. (Dok: thesun)

TitikNOL - Swiss menang tipis atas Irlandia Utara pada first leg babak paly-off Kualifikasi Piala Dunia 2018, Kamis (9/11) atau Jumat (10/11) dinihari WIB. Gol tunggal Ricardo Rodriguez dari titik putih memenangkan Swiss atas tuan rumah.

Gol penalti Rodriguez meletupkan kontroversi atas keputusan wasit Ovidiu Hategan dari Rumania yang mengobarkan amarah pelatih Irlandia Utara Michael O'Neill. Ia mempermasalahkan klaim handball yang dilakukan Corry Evans ketika bola yang ditendang Xherdan Shaqiri mengenai bagian atas tangan Evans ketika ia tengah membalikkan badan.

Selain keputusan penalti atas tudingan handball Evans, O'Neill juga dibuat emosi oleh keputusan Hategan yang tidak mengganjar bek Swiss Fabian Schar dengan kartu merah ketika melanggar Stuart Dallas dengan cukup keras.

"Sangat mengejutkan wasit bisa memberikan keputusan penalti di situasi itu. Posisinya enam yards dari kejadian, dalam jarak pandangannya ia tidak melihat siapapun. Corry hanya ingin menghalangi bola, ia membalikkan badan dan bola justru lebih mengenai bahunya bukan tangan, jadi (keputusan) itu luar biasa," sembur O'Neill.

"Saya pikir ia meniupkan peluit untuk pelanggaran offside, memberikan penalti karenanya, ketika tidak ada yang protes, sungguh membingungkan. Itu momen yang menentukan pertandingan, kami sangat kecewa. Kami masih imbang, hanya tertinggal 1-0 dan mungkin kami akan mendapat keberuntungan dipimpin wasit yang akan memberikan keputusan seperti itu buat kami di second leg," lanjutnya.

Berita ini telah tayang di cekskor.com, Jumat 10 November 2017 dengan judul Penalti Kontroversi Menangkan Swiss, Pelatih Irlandia Utara Berang

Komentar