Asyik! Sebentar Lagi Warga Cilegon akan Punya Alun-alun dengan Fasilitas Lengkap

Walikota Cilegon,Tb Iman Ariyadi bersama Dirut PT Krakatau Steel ,Mas Wigrantoro saat melakukan Groundbreaking pembangunan alun-alun Kota Cilegon. (Kamis/27/4/2017) (Foto: TitikNOL)
Walikota Cilegon,Tb Iman Ariyadi bersama Dirut PT Krakatau Steel ,Mas Wigrantoro saat melakukan Groundbreaking pembangunan alun-alun Kota Cilegon. (Kamis/27/4/2017) (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL – Keinginan warga di Kota Cilegon memiliki alun-alun sepertinya akan terwujud. Pasalnya, Pemkot Cilegon baru saja melakukan groundbreaking atau tanda akan dimulainya pembangunan alun-alun di lapangan Halypad PT Krakatau Steel. Alun-alun ini sendiri ditargetkan selesai pada Desember 2017 mendatang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cilegon Aziz Setia Ade mengatakan, alun-alun itu akan dibangun di atas lahan milik PT Krakatau Steel seluas kurang lebih 3,1 hektare . Untuk lahan tersebut telah disepakati antara Pemkot Cilegon dengan PT Krakatau Steel.

"‎Jadi alun-alun yang akan kita bangun ini nantinya multifungsi. Bisa juga digunakan acara untuk pameran dan sebagainya, ada Pendopo, bangunan yang permanen dan bentuknya yang natural dengan tema lingkungan,‎" kata Aziz saat memberikan sambutan pada acara groundberaking Alun-alun Kota Cilegon, Kamis (27/4/2017) sore.

Alun-alun Kota Cilegon ini juga nantinya bakal dibangun dengan air mancur yang dihiasi sinar lampu dan musik beriringan dengan seiring keluarnya air.

Selain air mancur kata dia, fasilitas umum dan fasilitas sosial juga bakal dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Kota Cilegon yang akan berkunjung ke alun-alun tersebut. Konsep smart city menjadi acuan dibangunnya alun-alun yang rencananya bisa menampung ribuan orang itu.

"Ada beberapa fasilitas tambahan lainnya untuk mendukung di dalam alun-alun ini, seperti jogging track dan tempat kuliner.Kalau untuk tempat kuliner, nantinya akan kita libatkan perwakilan pedagang dari 8 kecamatan yang ada di Kota Cilegon,"tutupnya.

Di tempat yang sama,Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi menyatakan, alun-alun Kota Cilegon akan disediakan fasilitas penunjang smart city seperti wi-fi dengan bandwitch yang cukup besar.

Meski begitu, fasilitas internet itu akan dilindungi dengan sistem pengamanan tinggi agar masyarakat tidak mengakses situs yang dilarang.

"Kita akan sediakan fasilitas wi-fi di alun-alun ini. Dengan begitu, diharapkan masyarakat bisa mengakses hal-hal positif sebagai bentuk pemanfaatan teknologi. Jangan kemudian mengakses situs-situ terlarang," imbuhnya.

Sebagai kota industri dengan berdirinya pabrik baja yang diklaim terbesar se-asia tenggara, membuat konsep alun-alun itu akan dibangun dengan fisik bangunan yang terbuat dari baja sebagai ciri khas Kota Cilegon yang disebut sebagai kota baja.

Sementara itu, Direktur Utama PT Krakatau Steel Mas Wigrantoro mengatakan, pihaknya mendukung penuh Pemkot Cilegon dalam membangun alun-alun .

"Kita memberikan lahan Halypad untuk pembangunan alun-alun ini sebagai dukungan kita demi masyarakat Kota Cilegon,"tukasnya. (Ardi/red).

Komentar