TPA Cipeucang Bakal Disulap jadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)
Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

TANGSEL, TitikNOL - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie memastikan, tempat pembuangan sampah akhir di TPA Cipeucang, Setu, Kota Tangerang, bakal dipergunakan untuk teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Hal itu diungkapkan Benyamin Davnie, menyusul debit sampah yang dinilainya sudah terlalu tinggi, sehingga TPA Cipeucang dinilai sudah tidak mampu lagi menampung sampah.

Selain itu, kata Benyamin, Pemkot Tangerang Selatan terkait teknologi sudah masuk kategori Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

"Pemanfaatan teknologi, dengan kondisi ini, alhamdulillah kita sudah masuk Perpres PLTSa. 2019 mudah-mudahan skenario ini sudah mulai kelihatan dan 2020 sudah mulai tahap pembangunan, karena ini melibatkan Pemerintah pusat," jelas Benyamin Davnie.

Lebih lanjut, orang nomor dua di Kota Tangerang Selatan itu pun menyebut, target produksi pengelolaan tersebut akan dibeli oleh Pembangkit Listrik Negara (PLN).

"Memang, tentunya ada terget produksinya karena listrik akan dibeli oleh PLN. Karena investasinya cukup besar, nantinya akan bekerjasama pemerintah dengan badan usaha," beber Benyamin Davnie, ketika dijumpai disalah satu pusat perbelanjaan, BSD Serpong. (Don/TN2).

Komentar