Usulan Daerah Otonom Baru di Banten Dipastikan Kandas Tahun Ini

Ilustrasi DOB. (Dok: beritamalukuonline)Ilustrasi DOB. (Dok: beritamalukuonline)

SERANG, TitikNOL – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo memastikan, tidak ada daerah otonomi baru (DOB) yang akan ditetapkan tahun 2017 ini, termasuk 3 daerah usulan dari Banten, yakni Caringin, Cibaliung (Pandeglang) dan Cilangkahan (Lebak). Mendagri beralasan, anggaran pemerintah saat ini difokuskan untuk sarana infrastruktur.

"Sementara mohon maaf, pemerintah untuk tahun ini belum fokus untuk DOB, lebih fokus pada 500 lebih daerah tingkat dua (kabupaten/kota-red) dari 32 daerah otonomi baru (provinsi), untuk bisa diberdayakan, dioptimalkan supaya percepatan pembangunan tercapai. Anggarannya masih belum ada. Jujur saja anggaran untuk difokuskan untuk sarana," ungkap Tjahyo, setelah membuka acara Musrenbang Banten tahun 2018, di Kota Tangerang, Senin (10/7/2017).

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah kebanyakan tidak bersedia untuk mensharing anggaran dengan calon DOB. Sementara, seluruh Indonesia ada 337 usulan DOB.

"Problemnya kan, DOB itu ada saham dari induknya, nah mau enggak dipotong, enggak mau semua. Anggaran itu kan bukan untuk pemerintahan saja, tetapi untuk polri, TNI," tukasnya.

Terpenting, kata Tjahyo, pemekaran pada prinsipnya akan disetujui jika mampu meningkatkan pemerataan pembangunan, mampu meningkatkan kesejateraan rakyat dan kemandirian.

"Kalau sudah itu semua tidak ada masalah, tetapi kita tahun ini belum fokus ke DOB," ungkapnya. (Kuk/red)

Komentar