Ini Pesan Mendagri di HUT ke-16 Banten

Mendagri, Tjahjo Kumolo. (Dok: kemendagri)
Mendagri, Tjahjo Kumolo. (Dok: kemendagri)

SERANG, TitikNOL - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta Pemprov Banten tetap fokus dalam melakukan pembangunan di provinsi Banten, khususnya 12 proyek nasional.

Permintaan ini menjadi pesan Mendagri di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Banten. Pesan tersebut dibacakan oleh Dirjen Bina Pemdes pada Kemendagri Nata Irawan saat paripurna HUT Banten.

"Pesatnya pembangunan dapat dilihat peningkatan Indeks Pembangunan Manusia 67,2 persen pada 2003 menjadi 70,2 persen pada 2015, serta Meningkatnya rata rata sekolah 8,27 persen dari 2007-2016," kata Nata di DPRD Banten, Selasa (04/10/2016).

Selain itu, Banten memiliki prestasi yang sangat baik dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Prestasi dapat terlihat dari PAD Banten yang meningkat menjadi 5,2 triliun hal ini adanya kemandiran daerah. Meski telah menghasilkan yang memuaskan tentu ke depannya akan menghadapi tantangan yang sangat besar, tentu banten harus bisa," ungkapnya.

Kendati demikian, jika Infrastruktur dan kawasan yang belum optimal, pengembangan ekonomi dan penataan reformasi birokrasi perlu harus diperbaiki dan ditingkatkan kembali.

"Ini merupakan hal yang jadi perhatian karena Banten merupakan daerah yang mendapatkan tugas beberapa yakni pembangunan proyek strategis nasional yang ada di Banten. Seperti Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang, Serpong-Balaraja, Bandara Banten dan Tanjung Lesung, ini harus bisa fokus kedepannya," pungkasnya. (Meghat/quy)

Komentar