Kembali Didemo Buruh, Kawat Berduri Pagari Kantor Gubernur Banten

Warga tengah melintas di depan KP3B yang dipagari kawat berduri untu‎k mengamankan aksi unjuk rasa buruh yang akan berlangsung hari ini. (Foto: TitikNOL)
Warga tengah melintas di depan KP3B yang dipagari kawat berduri untu‎k mengamankan aksi unjuk rasa buruh yang akan berlangsung hari ini. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Hari Ini, massa buruh di Banten merencanakan unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (21/11/2016). Aksi unjuk rasa masih terkait penolakan UMK 2017 yang didasarkan pada PP 78/2015 tentang pengupahan.

Pantauan TitikNOL, hingga pukul 10.30 WIB massa aksi belum tiba di lokasi unjuk rasa. Aparat keamanan juga masih terlihat santai sambil mempersiapkan kelengkapan pengamanan aksi.

Tampak kawat berduri direntangkan sepanjang gerbang utama KP3B. Terlihat pagar yang rusak saat aksi 17 November 2016 lalu juga masih dibiarkan berserakan di lokasi aksi.

Kepala Bidang Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten, Untung Saritomo mengatakan, berdasarkan surat pemberitahuan yang diterimanya, sebanyak 500 orang buruh yang akan mendatangi KP3B.

"Ada sekitar 500 orang. Kedatangannya masih terkait PP 78 dan kenaikan UMK 2017," ujar Untung, kepada wartawan.

Sebelumnya, ribuan buruh berunjukrasa di kantor gubernur KP3B pada Rabu (17/11/2016) kemarin. Dalam aksinya, mereka sempat merusak pagar KP3B, dan hampir menginap di lokasi aksi karena tidak berhasil menemui Plt Gubernur Banten Nata Irawan. Namun, hal tersebut tidak terjadi karena Nata Irawan akhirnya menandatangani surat tuntutan massa aksi. (Kuk/Rif)

Komentar