Peringatan Mayday di Banten Serentak Gelar Bakti Sosial dan Olahraga

Ilustrasi. (Dok: Kabar6)
Ilustrasi. (Dok: Kabar6)

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bekerjasama dengan LKS Tripartit melakukan evaluasi sehubungan dengan rencana pelaksanaan Hari Buruh Internasional atau May Day di Provinsi Banten Tahun 2018. Peringatannya sendiri akan diisi dengan kegiatan bhakti sosial, pertandingan olahraga dan panggung hiburan.

Kepala Dinakertrans Provinsi Banten Alhamidi mengatakan peringatan May Day tahun ini, Pemerintah Provinsi Banten telah melaksanakan kegiatan Liga Pekerja Zona Provinsi Banten yang diselenggarakan sejak 10-18 Maret 2018 lalu, serta pertandingan Final Wilayah Regional Jawa pada 10-12 April 2018.

"Kita turut serta berpartisipasi memberikan support kepada kabupaten/kota yang menyelenggarakannya. Antara lain bantuan hadiah doorprize berupa 8 unit sepeda motor matic, 8 unit televisi 32 inch, 8 unit kulkas dua pintu, dan 24 unit sepeda gunung," kata Alhamidi.

Sementara untuk pelaksanaan peringatan May Day 2018 di kabupaten/kota, Alhamidi menjelaskan untuk Kota Cilegon penyelenggaraannya akan dipusatkan di depan Kantor Walikota Cilegon pada 1 Mei 2018 mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Sedangkan, rangkaian kegiatannya antara lain bhakti sosial (donor darah dan khitanan massal), seminar hubungan industrial, panggung hiburan dan pembagian doorprize. Peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 3.500 orang pekerja/buruh.

"Kalau Kota Serang dipusatkan di Alun-Alun Barat Kota Serang diisi dengan senam massal, donor darah, cek golongan darah gratis, pemeriksaan dan pengobatan gratis, pemeriksaan gula darah gratis, bazaar murah, panggung gembira,dan pembagian hadiah doorprize. Peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 2.000 orang pekerja/buruh," jelasnya.

Adapun peringatan May Day di Kabupaten Serang, lanjut Alhamidi, akan dipusatkan di Kawasan Moderen Cikande dengan kegiatan bhakti sosial (Penanaman Pohon, Jum’at Bersih di Pintu Tol Cikande sampai depan Kawasan Industri Modern), dan Panggung Hiburan (sambutan dan pembagian doorprize). Peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 5.000 orang pekerja/buruh.

"Kalau di Kota Tangsel akan dipusatkan di Lapangan Futsal Ocean Park dengan kegiatan Pertandingan Futsal, Bola Voli Putera dan Puteri, Panggung Hiburan dan Pembagian Hadiah Doorprize, serta Pemeriksaan Kesehatan Gratis yang melibatkan unsur Serikat Buruh dan Perusahaan, " lanjutnya.

Nanti ada juga Penandatanganan MOU 1000 Rumah Pekerja antara PT. ISS, BTN, dan BPJS Ketenagakerjaan, Penyerahan Santunan Kematian pada Non ASN dan Santunan Kecelakaan Kerja, Penyerahan Santunan Kecelakaan Kerja dan Meninggal Mendadak kepada PT.Dynaplast dan PT. ISS, Penyerahan Kartu Atlet Bulutangkis dari Menaker RI kepada Susi Susanti, Pemberian Tangan Palsu Robotik kepada Pekerja PT.Gajah Tunggal dan PT Wulan Teknik Persada.

"Kegiatan puncak peringatan May DayTahun 2018 diKota Tangsel rencananya akan dihadiri oleh Bapak Wakil Presiden,Ir.H.Jusuf Kalla. Peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 1.500 orang buruh," katanya.

Lanjut Alhamidi, peringatan May Day di Kota Tangerang akan dipusatkan di Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang dengan rangkaian kegiatan antara lain Pertandingan Olahraga (Bulutangkis, Futsal, BolaVoli, Tenis Meja, dan Catur), Panggung Hiburan, dan Pembagian Doorprize.Peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 5.000 orang buruh.

"Kalau di Kabupaten Tangerang akan dipusatkan dihalaman Gedung Disnaker KabupatenTangerang pada tanggal 8 Mei 2018 sekaligus penutupan rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak 22 Maret 2018 dengan acara terdiri dari Pertandingan Olahraga antara lain (Bola Voli, Bulutangkis, Sepak Bola Persahabatan antar SP/SBse-Tangerang Raya), dan Bhakti Sosial (Donor Darah). Selain itu akan dilaksanakan juga kegiatan lomba mancing yang akan diikuti sebanyak 1.000 orang buruh," ungkapnya.

Dan Kabupaten Lebak rencananya akan dilaksanakan di Lapangan Futsal Kota Rangkasbitung. Adapun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan terdiri dari Pertandingan Futsal yang diikuti 22 perusahaan di Kabupaten Lebak serta pembagian hadiah pada puncak acaranya. Peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 300 orang pekerja/buruh.

"Kalau di Kabupaten Pandeglang rencananya akan dilaksanakan di Pantai Karibea Karoeng Labuan, dengan rangkaian kegiatan antara lain BolaVoli, TarikTambang, Balap Karung, Donor Darah, dan Apel May Day yang diikuti perwakilan seluruh SP/SB dan Panggung Hiburan. Peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 500 orang buruh," tegasnya.(Gat/TN2)

TAG mayday
Komentar