Persiapan Musim Mudik, Ditjen Hubla Lakukan Uji Kapal Ro-Ro di Pelabuhan Merak

Tim Marine Inspektor saat melakukan uji alat keselamatan di KMP Port Link III di Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)
Tim Marine Inspektor saat melakukan uji alat keselamatan di KMP Port Link III di Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK,TitikNOL - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal menjelang angkutan Lebaran 2018 di Pelabuhan Merak, Banten. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purmono memimpin langsung uji petika tersebut.

Tim Marine Inspektor Direktorat Perkapalan dan Kepelautan memeriksa sejumlah Kapal Ro-Ro yang tengah bersandar di Pelabuhan Merak. Kelengkapan alat keselamatan seperti sekoci, pelampung, ruang mesin,dan life jackets satu persatu diperiksa.

Dirjen Perhubungan Laut pada Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo mengatakan, uji petik ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun atau setiap menghadapi angkutan Lebaran.

"Ini rutin setiap tahun untuk menyiapkan angkutan lebaran kita melakukan ramp check. Bahkan, seluruh kapal yang terlibat angkutan lebaran kita check semua,terutama perlengkapan untuk safety nya, "ungkap Agus Purmono, di Pelabuhan Merak, Jumat (11/5/2018).

"Tadi life jacketsnya ,pemadam, dan sekocinya , kita coba . Ini untuk memastikan bahwa apakah kapal yang nanti dipake untuk angkutan lebaran itu,laik jalan.Mungkin kalau ada yang belum sempurna akan disempurnakan,"jelasnya.

Agus juga meminta kepada perusahaan pelayaran dalam kesiapannya untuk menghadapi angkutan Lebaran 2018.

"Mereka (Perusahaan pelayaran) harus siap, standby, dititik-titik dimana biasanya ada penumpang meningkat drastis saat lebaran. Dan kapalnya harus siap dari segi sefetynya ,makanya kita lakukan ramp check hari ini,"imbuhnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Fahmi Alweni mengungkapkan, semua alat keselamatan kapal milik ASDP maupun kapal swasta yang di ramp check semuanya berfungsi dengan baik.

"Alhamdulillah alat-alat keselamatan yang kita saksikan tadi semuanya berfungsi dengan baik ,termasuk beberapa kapal swasta, "ujarnya.

"Kami setiap saat dilakukan pemeriksaan alat keselamatan oleh KSOP, dan tidak menunggu momentum. Karena standar pelayanan, standar keselamatan itu semua harus dipenuhi,"lanjut Fahmi. (Ardi/TN2).

Komentar