PTSL Dikebut, BPN Kota Tangerang Rampungkan 70.000 Sertifikat

Suasana rapat di lantai II Pemkot Tangerang terkait PTSL 2018. (Foto: TitikNOL)
Suasana rapat di lantai II Pemkot Tangerang terkait PTSL 2018. (Foto: TitikNOL)

TANGERANG, TitikNOL - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang terus mempercepat proses penerbitan sertipikat warga dalam proyek strategis nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2018.

Dalam rapat ini mengundang, Asda III Tatang Sutisna, Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Harley Silalahi, Kepala BPN Kota Tangerang Candra Genial, Kejati Banten yang diwakili, Kejaksaan Kabupaten Tangerang yang diwakili, tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polres Metro Tangerang Kota, beserta mengundang 45 Lurah dan Camat Kota Tangerang di ruangan rapat lantai II Pemkot Tangerang.

Kepala BPN Kota Tangerang Candra Genil mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan kegiatan pengukuran pertanahan sekitar 30 persen. Namun dari pengukuran tanah ini tidak langsung jadi berkas surat sertifikat tanah kalau tidak didukung surat kepemilikan tanah.

”Kalau sudah lengkap surat-surat tanah yang diajukan kami akan jadikan sertifikatnya,” kata Candra kepada TitikNOL, Senin (7/5).

Candra mengaku saat ini, untuk proses pengurusan program PTSL saat ini masih dalam pemberkasan dan pengukuran dari masyarakat yang mendapatkan sertifikat. Berkas sebagian di BPN, Kelurahan hingga Kecamatan dan masyarakat yang mendapatkan.

”Mudah-mudahan program ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Tangerang,”katanya.

Target PTSL 2018 yang diberikan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepada Kantor BPN Kota Tangerang adalah sebanyak 70.000 bidang.

Penerima program PTSL adalah delapan Kecamatan yakni, Tangerang, Ciledug, Cipondoh, Karawaci, Priuk, Pinang, Karangtengah dan Larangan.

”Total 45 kelurahan yang mendapatkan setifikat gratis dari BPN Kota Tangerang,”paparnya

Seperti diketahui, Presiden RI Jokowi Widodo mencanangkan pada tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar. Untuk itu, Presiden mengambil langkah percepatan dan meminta Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil untuk merealisasikannya secara terpadu.

Tahun 2018 ini, Kementerian ATR/BPN ditargetkan menyelesaikan pembuatan sertifikat lima juta bidang tanah. Khusus di wilayah Provinsi Banten mendapat target PTSL sebanyak 214 ribu bidang.

Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil menargetkan BPN Kota Tangerang mampu menyelesaikan 50 ribu lebih sertipikat tanah di tahun 2018, dan pada tahun 2019 tanah di wilayah ini ditargetkan sudah tersertipikasi seluruhnya.

Terpisah, Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Harley Silalahi menyampaikan, dalam rapat PTSL ini pihaknya siap menampung keluhan masyarakat yang mendapatkan program sertifikat ini.

”Tim saber akan bekerja memantau program ini,”ujarnya

Kerja tim saber pungli, kata dia, akan bekerja memantau proses pembuatan surat-menyurat PTSL yang di gagas oleh BPN Kota Tangerang. ”Kami akan kawal terus hingga rampung program ini,” pungkasnya.(Gun/TN2)

Komentar