Warga Cilograng Lebak Mulai Resah dengan Maraknya Ternak Ayam

Ilustrasi. (Dok: olx)Ilustrasi. (Dok: olx)

LEBAK, TitikNOL – Maraknya peternakan ayam di Lebak terutama di Kecamatan Cilograng yang dikelola secara mandiri, membuat warga resah. Sebab, menimbulkan bau yang tidak sedap dan juga menyebabkan banyak lalat.

Syahrudin, warga Cilograng mengatakan, keberadaan peternakan ayam milik sebuah perusahaan peternakan ternama itu, hanya menguntungkan pengusaha saja. Soalnya, ketika warga mau membeli tidak pernah dilayani.

"Keberadaan mereka di sana hanya meninggalkan kotoran ayam saja. Lalu, yang jadi pertanyaan besar, kenapa bukannya perusahaan langsung. Ini malah tameng perusahaan ayam mandiri," ujar Syahrudin, Rabu (5/4/2017).

Senada dikatakan, Sandi Rustam, salah seorang warga setempat yang juga Wakil Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala). Kata dia, peternakan ayam tersebut tersebar di seluruh desa di kecamatan Cilograng.

"Kami tidak alergi dengan adanya investor atau pengusaha ternak ayam yang melibatkan pengelolaan ternak ayamnya oleh warga. Akan tetapi, mereka (pengusaha) juga tidak harus mengabaikan kepentingan masyarakat sekitar. Sebab, dampak dari adanya ternak ayam juga sangat merugikan warga lainnya, seperti timbul adanya bau dan lalat yang berterbangan ke rumah-rumah warga yang sudah pasti akan menimbulkan penyakit," katanya

Karenanya, Sandi pun berharap agar Pemerintah Kabupaten Lebak tidak tinggal diam dengan adanya keluhan masyarakat. Melalui dinas dan instansi terkait yang berwenang lanjut Sandi, Pemkab Lebak harus segera melakukan tindakan tegas. Apalagi, ternak ayam ini ditengarai tidak memiliki perizinan yang resmi dan bukan hal yang mustahil telah melanggar perda RTRW Lebak.

"Ini tidak bisa dibiarkan, Pemkab Lebak harus segera menertibkan, agar keberadaan ternak ayam milik perusahaan yang dikelola warga, harus memenuhi syarat perizinan lingkungan," tegas Sandi.

Sementara itu, hingga berita ini turunkan, TitikNOL belum mendapatkan konfirmasi dari dinas terkait di lingkungan Pemkab Lebak. (Gun/Rif)

Komentar