Mengunyah Bawang Putih Mentah Berkhasiat Sembuhkan Batuk?

Ilustrasi. (Dok: nirapadnews)
Ilustrasi. (Dok: nirapadnews)

TitikNOL - Selain jadi bumbu penyedap masakan, bawang putih mentah juga sering digunakan sebagai obat herbal berkat kandungan nutrisinya yang sudah tidak diragukan lagi. Bawang putih mengandung allicin, vitamin, mineral, dan asam amino yang dipercaya untuk mengobati infeksi, radang, dan pilek, hingga masalah pencernaan. Nah ada satu lagi manfaat ngunyah makan bawang putih untuk Anda: meredakan batuk. Tapi seberapa efektif sebenarnya khasiat bawang putih yang satu ini?

Sekilas tentang penyebab batuk

Batuk adalah refleks natural dari sistem perlindungan tubuh yang timbul apabila saluran udara di belakang kerongkongan teriritasi, akibat virus, bakteri, reaksi alergi, ataupun zat asing, seperti debu dan lendir. Iritasi ini kemudian memicu paru-paru untuk mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi. Batuk adalah refleks tubuh untuk membantu membersihkan paru-paru dan saluran udara.

Lalu, apa benar khasiat bawang putih bisa redakan batuk?

Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme penyebab penyakit.

Namun demikian, mengunyah bawang putih mentah sebenarnya tidak akan menyembuhkan batuk itu sendiri - entah itu akibat virus, reaksi alergi, atau bakteri. Bagaimanapun juga, sebuah studi dalam jurnal Advances in Therapy membuktikan bahwa makan bawang putih mentah di musim flu bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah dan/atau meredakan gejala penyakit tersebut.

Pada kebanyakan kasus, batuk memang dapat menjadi gejala yang mengikuti flu. Bawang putih pada dasarnya tidak memiliki manfaat khusus untuk batuk, tapi bisa mencegah infeksi sekunder yang menyebabkan batuk, seperti bronkitis atau pneumonia. Dari sinilah anggapan khasiat bawang putih bisa meredakan batuk, padahal, sih, tidak.

Sederhananya, khasiat bawang putih yang dikonsumsi secara rutin hanyalah sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan berbagai jenis penyakit, bukan untuk menyembuhkan.

Cara yang benar untuk menyembuhkan batuk

Jika Anda batuk, salah satu cara efektif untuk menyembuhkan batuk beserta gejalanya adalah dengan minum obat batuk. Obat herbal, apapun bentuknya, hanyalah sebagai asupan penunjang untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit, meringankan gejala, atau menurunkan risiko dari penyakit - bukan untuk menyembuhkan. Pasalnya, akar penyebab gejala harus lebih dulu dibasmi agar semua keluhan bisa benar-benar sembuh.

Jenis obat batuk yang Anda gunakan akan tergantung dari apa penyebab batuk itu sendiri. Jika batuk disebabkan oleh infeksi bakteri dan kuman, Anda bisa menggunakan antibiotik resep dari dokter. Jika batuk dan gejala lainnya disebabkan oleh virus, dokter dapat meresepkan obat antiviral, tergantung dari kondisi yang mendasarinya.

Pemilihan obat pun juga akan tergantung dari gejala batuk yang Anda alami. Obat batuk ekspektoran dan mukolitik (bromhexine) digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, sementara obat batuk antitusif digunakan untuk mengobati batuk kering.

Obat batuk bisa Anda beli bebas di warung atau apotek terdekat tanpa harus menebus resep. Sebaiknya tetap konsultasikan dulu dengan dokter seputar kondisi kesehatan Anda.

Berita ini telah tayang di hellosehat.com dengan judul Benarkah Mengunyah Bawang Putih Mentah Bisa Sembuhkan Batuk?

Komentar