Fokus Dua Projek Nasional, Pemprov Banten Siapkan Dana Ratusan Miliar

Ilustrasi pembebasan lahan. (Dok: net)Ilustrasi pembebasan lahan. (Dok: net)

SERANG, TitikNOL – Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk pembebasan lahan sekitar 600 hektare di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Lahan itu akan dipersiapkan untuk lokasi Bandara Udara (Bandara) Banten Selatan (Bansel).

Dikatakan Pj Gubernur Banten Nata Irawan, seluruh lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Bandara Bansel, dibebankan kepada Pemprov Banten. Dari besaran lahan itu, Nata mengatakan jika Pemprov Banten mengalokasikan Rp200 miliar untuk 600 hektaer.

“Kita sudah siapkan Rp200 Miliar Untuk pembebasan lahan Bandara dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” kata Penjabat Gubernur Banten, Nata Irawan ditemui di Pendopo Gubernur Banten, Senin (20/3/2017).

Nata juga menyampaikan, Pemprov tak hanya fokus di bandara. Mereka juga akan memikirkan di projek nasional lainnya yakni Waduk Sindanghela. Di mana pembebasan lahan untuk Waduk Sindangheula dialokasikan hingga Rp300 miliar. “Saya berharap berdampak pada ekonomi daerah, berimpilkasi terhadap PAD yang tinggi. Sepanjang itu memungkinkan kenapa tidak. Pemprov cukup maksimal untuk itu,” ungkapnya.

Nata juga meminta Dinas terkait untuk membentuk tim, agar mengamati dampak permasalahan yang timbul saat pembebasan lahan. (Gat/Rif)

Komentar