Pemprov Banten Targetkan Tekan Silpa Jadi Rp750 Miliar di APBD 2016

Ilustrasi SIlpa APBD. (Dok: riautrust)
Ilustrasi SIlpa APBD. (Dok: riautrust)

SERANG, TitikNOL - Nilai sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBD Banten 2015 lalu cukup besar yakni Rp1,3 triliun. Jelang akhir tahun 2016 ini Pemprov Banten pun tengah berupaya menekan angka Silpa lebih rendah dari Silpa tahun lalu yakni ditarget di angka Rp750 miliar.

Dengan demikian, jika berhasil mencapai angka tersebut, artinya Silpa APBD 2016 ini hanya delapan persen dari APBD 2016 sebesar Rp9,303 triliun.

Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemprov Banten Mahdani mengatakan, target atau asumsi Sillpa APBD Banten 2016 telah melalui pembahasan yang matang.

"Itu (Rp750 miliar), target maksimalnya. Artinya bisa lebih kecil lagi dari itu," kata Mahdani, Senin (28/11/2016).

Menurutnya, masih sangat dimungkinkan Silpa APBD 2016 lebih rendah dari target tersebut. Pasalnya, dari hasil laporan perencaan Silpa masing-masing SKPD, nilai Silpa kegiatan SKPD cenderung lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya.

"Biro perlengkapan misalnya, asumsi Silpa APBD 2016 hanya delapan miliar rupiah. Kalau dulu di 2015 kan hampir Rp80 miliar, karena realisasi pembebasahan tanah Waduk Sindangheula sudah clear," ungkapnya.

Kemudian, DBMTR tahun ini hanya Rp25 miliar. Ketimbang tahun lalu yang nilainya mencapai ratusan miliar.

"Upaya penurunan Silpa berjalan efektif akibat adanya sejumlah terobosan sistem yang dibuat, salah satunya sistem penundaan pemberian tunjangan daerah (tunda) atau TTP (tunjangan tambahan penghasilan) bagi SKPD yang menyerap kegiatan kurang dari 70 persen," tukasnya. (Kuk/Rif)

Komentar